Pengaruh retail mix terhadap keputusan pembelian

Yusva Rawady Elyas, Pamasang S. Siburian, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi, pelayanan, produk, harga, promosi, Suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Toko Gramedia Mall Lembuswana di Samarinda yang terdiri dari 105 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan kuesioner dengan menguji lokasi, pelayanan, produk, harga, promosi, suasana toko secara parsial. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa keputusan pembelian didukung oleh lokasi, pelayanan, produk, dan suasana toko berpengaruh secara signifikan, sedangkan keputusan pembelian didukung oleh harga dan promosi berpengaruh secara tidak signifikan


Keywords


Retail mix; keputusan pembelian

References


Adiwijaya. 2010. Pemasaran Ritel. PT. Penerbit Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Alma Buchari.2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Andini Septian (jurnal Simki.unp Kediri 2015) Analisis Pengaruh Merchandise, atmosfir dalam gerai dan pelayanan ritel terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada Toserba Sogol Jaya Abadi Kec.Purwoasri).

Daryanto . 2011. Konsumen dan Pelayanan Prima. Penerbit Gava Media Yogyakarta.

Foster . 2008. Strategi Manajemen Pemasaran Ritel. Terjemahan Utami Penerbit Indeks Jakarta

Gilbert . 2005. Metoda Statistika, Edisi 6, Penerbit Tarsito, Bandung

Ghozali Imam . 2007 Metode Penelitian untuk penulisan Skripsi dan Tesis, edisi revisi. Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Handoko Hani .2011. Manajemen Strategis Daya Saing Globalisasi. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Kotler Philip. 2007. Manajemen pemasaran : analisis, perencanaan dan pengendalian ; volume satu. Penerbit: Indeks Jakarta.

Kotler Philip & Amstrong Garry .2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane.2009 Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi : Perspektif terjemahan Sabran Penerbit : Jakarta.

Lamb terjemahan Utami whidya . 2010. Pemasaran”, Edisi Terjemahan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Lasch Dunne & Griffin. 2002 Marketing, Edisi ketiga, Jilid 1, PT Indeks.

Ma’ruf Hendri. 2005. Metode riset dalam pemasaran. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Ma’ruf Hendri . 2006. Pemasaran Ritel. PT. Penerbit Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Mursid . 2010. Manajemen Pemasaran. Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Muhammad Ikhwanuddin Muslim (Jurnal UEJS Undip 2011 ISSN: 2252-3294) Analisis Pengaruh Merchandise, promosi, atmosfer dalam gerai, pelayanan ritel, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi Kasus pada Toko Buku Gramedia Pandanaran Kota Semarang).

Schiffman & Kanuk .2010. Konsumen dan Strategi Pemasaran. Penerbit Erlangga Jakarta.

Simamora . 2011. Manajemen Pemasaran. Buku Kedua. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta

Setiadi Nugroho . 2010. Perilaku Konsumen (Konsep Dan Implikasi Untuk. Strategi Dan Penelitian Pemasaran), penerbit Kencana, Bogor

Sugiyono . 2008. Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R&D. Penerbit: Alfabeta Bandung

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Administrasi. Penerbit: Alfabeta

Sukartono Irawan. 2002, Penyusunan sari laporan penelitian dan survei Penerbit PT Alumni, Bandung

Sumarwan Ujang. 2011 Pemasaran dan perilaku konsumen. Penerbit PT Ghalia Indonesia Jakarta

Sunyoto Danang. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa: Merencanakan, Mengelola, dan Membidik Pasar Jasa . Penerbit Andi,. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing

Tjiptono Fandy. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Andi.

Trisnu Cokorda Gde Cahaya Putra ( jurnal EEB Unud Juni 2013 hal 110 Nomor ISSN 2337-3067) pengaruh merchandise, atmosfer gerai dan pelayanan ritel terhadap perilaku pembelian impulsuf pada Hardy’s Mall Gianyar.

Zentes, Joachim, Morschett, Dirk and Schramm- Klein, 2007, Strategic Retail Management, Terjemahan Penerbit Salemba Empat, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com