Aplikasi tam, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap niat menggunakan e-ticket

Syarifah Fatimah Nabila, Syarifah Hudayah, Jusuf Kuleh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan, dan tambahan persepsi risiko dan kepercayaan terhadap niat menggunakan e-tiket. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Samarinda. Data dikumpulkan dengan kuesioner langsung dan online untuk 100 responden dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan oleh SPSS 24.0 untuk Windows. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasilnya ditemukan masing-masing variabel pada Technology Acceptance Model (TAM) dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan, sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap niat untuk menggunakan e-tiket

Keywords


tam; persepsi risiko; e-ticket

References


Andriyano Yaufi, Y. 2014. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Rekening Ponsel (Studi Kasus Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa Yogyakarta) Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi.

Davis, F.D., 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. MS Quarterly (online), Vol. 13 Iss. 3, pg. 318. http://www.cba. hawaii.edu/chismar/ITM704/ DavisTAM 1989.pdf.

Davis, Fred D., Bagozzi, Richard P., dan Warshaw, Paul R. 1989. User Acceptance Of Computer Technology: A Comparison Two Theoretical Models. Management Science, 35: 982-1003

Dias, Arthur. 2012. Analisis Kepercayaan Konsumen terhadap Situs Jual Beli Tokobagus.com:Antecendants dan Outcome. Tesis. Fakultas Ekonomi Program Studi Magister Manajemen Kekhususan Manajemen Pemasaran, Universitas Indonesia

Dwimastia Harlan, D. 2014. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada Umkm Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi)

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro

Farizi, Hadyan. 2013 Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Jurnal Ilmiah FEB Universitas Brawijaya Vol 2 (1)

Jogiyanto, H. M. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : Erlangga

Juniwati. 2014. Influence of Perceived Usefulness, Ease of Use, Risk on Attitude and Intention to Shop Online, European Journal of Business and Management, Vol.6, No.27, 2014

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. 2008. A Trust-Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decision Support Systems, 44 , 544-564

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Lee Chang Boon, Patrick and Wan G.2010. Including Subjective Norm and Technology Trust in the Technology Acceptance Model: A Case of E-ticketing in China, The DATABASE for Advances in Information Systems, Vol 41, No. 4, pp 40-51.

Loanata, Tirta, and Kartika Gianina Tileng. 2016. Pengaruh Trust dan Perceived Risk pada Intention To Use Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Pada Situs E-Commerce Traveloka). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi 2.1 64-73.

Lovelock, Christopher.H & Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. PT, Macan Jaya Cemerlang. Jakarta.

Mahardika, Ayu Anastasya dan Saino 2014 Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Beli Di Zalora Online Shop. Jurnal Ilmu Manajemen 2.3 917-927

Pavlou, P. A. 2003, “Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model.” International Journal of Electronic Commerce, Vol. 7 (3).

Priyatno, Duwi, 2010, Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Yogyakarta, Mediacom, Indonesia

Rafique, Momal, et al. 2014. Extending TAM, in terms of Trust and Attitude towards the Online shopping intention." Journal of Public Administration and Governance 4.3 90-108.

Saraswati, Pradhita., Zaki, B aridwan. 2012.Penerimaan Sistem E-commerce: Pengaruh Manfaat Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko.Jurnal Universitas Brawijaya

Sari Wulandari, N. L. P., & Ekawati, N. W. 2015. Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Persepsi Nilai Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8).

Sastiks,Widya. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Webite (Webqual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus: Pengguna Traveloka di Kota Bandung 2015). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016

Schiffman, Leon, L. Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT. INDEKS

Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. 2012. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Penggunaan E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung

Suharno dan Yudi sutarto. 2009. Marketing in Practice, CV. Sary Card, Samarinda

Sulastini, Ni Putu dan I Gede Ketut Warmika. 2014. Aplikasi TAM, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Dalam Menjelaskan Niat Menggunakan Internet Banking. Jurnal Manajemen Vol 3(11): Hal. 1100-1118

Sumarwan, Ujang dkk, Riset Pemasaran dan Konsumen : Panduan Riset dan Kajian : Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Resiko, PT Penerbit IPB Press, Bogor, 2011

Supranto, J. (2001), Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.

Yoka, F. 2014. Pengaruh Risiko Yang Dipersepsikan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Kaskus Website Di Universitas Negeri Yogyakarta (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi)

https://id.wikipedia.org/wiki/Tiket_elektronik (diakses pada tanggal 5 Sptember 2016 )

https://id.wikipedia.org/wiki/Traveloka (diakses pada tanggal 5 September 2016)

http://www.techno.id/tech-news/berapa-banyak-pengguna-internet-di-indonesia-pada-awal-tahun-2016-160131y.html (diakses pada tanggal 4 September 2016)




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com