Pengaruh green marketing dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian melalui minat beli
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Green Marketing dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop di Big Mall Samarinda. Nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,888. Menunjukkan variabel pemasaran hijau (X1) dan persepsi konsumen (X2) memiliki hubungan yang sangat kuat dengan variabel (Y) Minat Beli, nilai R-Square (R2) sebesar 0,788 menunjukkan variabel pemasaran hijau (X1) dan persepsi konsumen (X2) Dari 78,8% variabel minat beli disebabkan oleh variasi dalam pemasaran ramah lingkungan dan persepsi konsumen. Nilai R-Square (R2) dimana nilainya 0,747 menunjukkan variabel minat beli (Y1) memiliki pengaruh 74,7% terhadap variabel keputusan pembelian yang disebabkan oleh variasi minat beli. Itu terlihat dari nilai uji reliabilitas sebesar 0,958 atau 95,0% bahwa variabel Green Marketing (X1), menjadi faktor dominan yang mempengaruhi variabel Keputusan Pembelian (Y1)
Keywords
References
Assauri, Sofjan. 2007. ManajemenPemasaran. Edisi 1-8, Jakarta:PTRajaGrafindoPesada
Balawera, Asrianto. (2013). Green Marketing dan Corporate Social Responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organic di Fressmart kota Manado. Jurnal Emba Vol.1 No.4.Desember 2013, Hal. 2117-2129
Bradley, N. (2007), The Green Marketingmix. Retrieved April 20, 2014 From http://www.wmin.ac.uk./marketingresearch/marketing/greenmix.htm
Engel, J.F., R.D, Blackwell dan P.W. Miniard.1995.Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jakarta :BinarupaAksara.
Engkos Achmad kuncoro dan Riduwan, 2014. Cara menggunakan dan Memaknai Path Analysis, cetakan keenam, Bandung: Alfabeta
Imam GhozalidanFuad. 2008. Structural Equation Modeling. Semarang: BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.
Indriantoro,Nurdan Bambang Supomo. (2004). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE
Kotler, Philip. 2006. Marketing Management: An Asian Perspective. FourthEdition. Singapore: Prentice Hall.
Lamb, Chales W., Hair, Josep F. and McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran, Alihbahasa David Octavaria. Jakarta: SalembaEmpat
Leon G. Schiffmandan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Zulkifli Kasip. Jakarta: PT Indeks
Mc Daniel, S., &Rylander, D. (1993).Strategic Green Marketing.The Journal of Consumer Marketing, 10(3). 4-10
Mudie, Peter dan Angela Cottam.(1999). The Management and Marketing of services.Second Edition.UK :Routledge.
Sachdev, S. (2011).Eco Friendly product and Consumer Perception.International Journal of Multidisciplinary Research.1 (5).279-287.
Sugiyono.(2004). Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi.Arikunto 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :PT Rineka Cipta
Sumarwan, Ujang .(2004). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: RemajaRosdakarya..
Sutisna.(2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung :Remaja Rosdakarya.
Sutisna dan Pawitra, Teddy.2001.Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Swasta, Basu. 2002. Azas-AzasPemasaran, Yogyakarta, Liberty.
DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com