Pengaruh persepsi nilai dan kepuasan pelanggan terhadap identifiikasi merek toko

Nur Julianti Amir, Syarifah Hudayah, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Zoya Samarinda yaitu di Komplek Mall Lembuswana, Samarinda. Model penelitian ini yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi liner berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Kemudian menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui berapa besar pengaruh dan signifikasi Persepsi Nilai dan Kepuasan terhadap Identifiksi Merek Toko Zoya di Kota Samarinda. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Persepsi Nilai dan Kepuasan mempunyai Pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Identifiksi Merek Toko Zoya di Kota Samarinda. Diperoleh persamaan Y = 7.855 + 0,440X1+0,269X2, Yang memiliki arti bahwa variabel Persepsi Nilai dan Kepuasan berpengaruh positif terhadap Identifiaksi Merek  dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,213, hal tersebut berarti 21,3% variabel Identifikasi Merek dapat dijelaskan oleh variabel independentnya, yaitu Persepsi Nilai dan Kepuasan, sedangkan sisanya 78,7, dijelaskan oleh variabel – variabel lain, diluar penelitian.


Keywords


Persepsi nilai; kepuasan pelanggan; identifiikasi merek

References


Aeker, (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name.

Bhattacarya, C. B, Rao, H Glyn, M A, (1995). Understanding the bond of

identification: an investigation of its correlates among art museum, Journal of Marketing 59 (4), 46-57.

Chaplin, L, N, John, D.R, (2005). The development of self brandconnectionsin children and adolescents. Journal of Consumer Research 32 (1), 119-

Dunn. M,G, Murphy, P.E, Skelly G.U., (1986). Research note: the influence of perceived risk on brand preference for supermarket

products. Journal of Retailing 62 (2), 204-216

Gomez, M, Oubina, J., Rubio, N, 2011. (DOCFRADIS 1105) Antecedentes de la lealtad a las marcas de ditribuidor: diferencias entre

grandes y pequenoscompradores (No. 1105). CetdraFundaction Ramon Areces de DistribuctionComercial.

Kotler, philipdanSusanto, A,B, (2001:797). ManajemenPemasaran, edisipertama, Jilid I, salembaEmpat, Jakarta.

Kotler, Philip, (2002). Manajemenpemasaran, Analisa perencanaa, implementasidan control, Edisikesembilan, jilid 1 danjilid 2, jakarta, Prehalindo, alihbahsaoleh Hendra Teguhdan Ronny A

Kotler, Keller, (2007:341). ManajemenPemasaranjilid 1, edisi 12. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Amstrong, (2008:158). Prinsip - PrinsipPemasaran, jilid 1, Erlangga, Jakarta. Daryanto, 2011.

Kotler, Keller, (2009:5). ManajemenPemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Bob Sabran, MM. Jakarta: PenerbitErlangga.

Kuenzel, S., Halliday, S. V, (2008). Investigating antecedents and consequences of brand identification. Journal of Product and Brand Management 17(5), 293-304.

Lam, et all, (2013). Exploring the dynamics of anteccedents to consumer brand identification with new brand. Journal of the Academy of Markting Science 41 (2), 234-245.

Mowen, Minor, (2002:6). PerilakuKonsumen, Jakarta : Erlangga.

Sugiyono, ( 2011:60 ). Metodepenelitiankualitatifdan R&D. Bandung. Sugiyono, (2012 : 199).Memahamipenelitiankualitatif. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono, (2013:117). MetodePenelitian Pendidikan. PenerbitAlfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2014). Metodepenelitiankualitatifdankuantitatif. Alfabeta . Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com