Pengaruh media periklanan terhadap keputusan pembelian minuman frestea

Authors

  • Yuvita lalang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Syarifah Hudayah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • J. Kuleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.1404

Keywords:

Advertising media (television, magazine, internet, outdoor advertising), purchasing decision

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Iklan Media Televisi, Majalah, Internet, dan Periklanan Outdoor Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea Terhadap Gelar Sarjana Manajemen Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel Iklan Televisi, Internet, dan Outdoor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan Majalah tidak signifikan terhadap pembelian Decision. Nilai R sebesar 0,712 berpengaruh kuat bahwa ada hubungan antara variabel Televisi, Internet, dan Outdoor Advertising to Purchasing Decision. Koefisien determinasi (R2) sebesar 50,7 orang tua menunjukkan proporsi kontribusi variabel Televisi, Majalah, Internet, dan Outdoor Advertising terhadap fluktuasi keputusan pembelian.

References

Aryanti Maya, Mutiasari. 2007. Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan Periklanan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten terhadap Tingkat Respons Konsumen di Wilayah Bandung Timur. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi. Vol.3 No.3

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan disertai Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferry W. Setyo. 2012 Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall.

Ghozali, Imam. 2005. AplikasiAnalisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Jakarta : Media Presindo.

Ibrahim, M. Nasir. 2007. Analisis Pengaruh Media Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Pada Masyarakat Kota Palembang.

Kurniasih, Wulan. 2013. Analisis Pengaruh Media Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Sepeda Motor Vario Di kota Solo Raya.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, edisi millennium Jilid 1. PT. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12. (terjemahan), PT. Mancanan Jaya Cemerlang.

Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset & Bisnis Ekonomi, bagaimana meneliti & Menulis Tesis. Erlangga, Jakarta.

Monlee, Lee dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global, Jakarta : Kecnacan Prenada Media Group.

Mullin, Ruddy dan Cummin, Julian. 2004. Sales Promotion, PM : Jakarta.

Maruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rossiter, J.R. and L. Percy. 1987. Advertising and Promotion Management, New York: McGraw-Hill.

Sulistiono, Angga. 2012. Analisis Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Jupiter MX

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Shimp, A. Terence. 2003. Periklanan Promosi Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Surmawan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen “Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran”. PT. Ghalia Indonesia

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta : Prentice Hall.

Suryanto, M. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Penerbit Andy, Yogyakarta.

Taufik. 2013. Pengaruh Media Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Pasta Gigi Pepsodent.

Umar, Husein. 2010. Metode Penelitian Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Wardani. I.G.A.K., dkk. 2003. Penelitian Tindakan-tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Published

2017-11-26

Issue

Section

Articles