Pengaruh karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja terhadap turnover intention pada toko bazar mall lembuswana samarinda

Yeni Susannti, Tetra Hidayati, Robiansyah Robiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja. Sedangkan variabel dependen adalah intensi turnover. Penelitian ini dilakukan di Toko Bazar Mall Lembuswana Samarinda yang terdiri dari 50 orang. Penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan kuesioner dengan memeriksa karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja secara bersama-sama dan sebagian. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Penellitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat trunover sehingga H1 ditolak dan kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap intensi turnover sehingga H2 diterima.


Keywords


Karakteristik pekerjaan; kepuasan kerja; intensi turnover

References


Augusty, Ferdinand. 2005. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Edisi Ketiga, BP, UNDIP.

Bagus, I Made. 2011. Pengaruh Karakteristi Pekerjaan dan Peluang Promosi Terhadap Trunover Intention Melalui Kepuasan Kerja ddan Komitmen Karyawan Pada Hotel Bintang Empat Surabaya,

Dwiarta, I Made Bagus. 2015. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Turnover Intention Pada Beberapa Restoran Masakan Oriental Di Kota Surabaya. Jurnal “Performance” Bisnis & Akuntansi Volume V, No.1.

Harnoto. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Prehallindo, Edisi Kedua. Jakarta.

Mangkunegara. Anwar Prabu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Edisi 1. Bandung.

Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT. Remaja Rodakarya, Bandung.

Manurung, Mona Tiorina., Ratnawati, Intan. 2012. Analisis Pengaruh stres Kerja dan kepusan kerja terhadap turnover intention (Studi Pada STIKES Widya Husada Semarang). Diponegoro Journal of Management, Vol 1, No 2.

Panggabean, Mutiara Sibarani. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Cetakan Kedua.

Robbins, S. P. and Judge, TA. 2008. Perilaku Organisasi, Terjemahan. Salemba Empat, Edisi Kedua Belas. Jakarta.

Robbins, S. P. and Judge, TA. 2009. Perilaku Organisasi. (Organizational Behavior), Terjemahan. Salemba Empat, Edisi Kedua Belas. Buku Pertama. Jakarta.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi, (alih bahasa Drs. Benjamin Molan), PT. Intan Sejati, Edisi Bahasa Indonesia. Klaten.

Simamora, Hendry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, YKPN, Cetakan Pertama Edisi Ketiga. Yogyakarta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Suntoyo, Danang. 2012. Teori, Kuesioner, Dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama CAPS, Yogyakarta

Suwandi, Nur Indriantoro. 2000. Pengujian Model Turnover Pasewark dan Strawser: Studi Empiris pada Lingkungan Akuntansi Publik. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, No. 2.

Syahfrizal, Gama, D. 2011. Analisis Pengaruh Kepusan Kerja Terhadap Turnover Intention Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Pada Hotel Horison, Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com