Pengaruh motivasi berbelanja dan atribut toko terhadap kegembiraan berbelanja

Hendri Hendri, Tetra Hidayati, Purwadi Purwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi belanja dan atribut toko terhadap kegembiraan belanja di Indomaret Plus Samarinda. Indomaret Plus merupakan jaringan waralaba yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Kota Samarinda. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode regresi berganda menggunakan software SPSS versi 25. Metode sampling menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel secara cermat dengan memilih objek penelitian yang selektif. Hasilnya menunjukkan bahwa motivasi belanja dan atribut toko berpengaruh positif signifikan terhadap kegembiraan belanja pembeli Indomaret Plus di Samarinda.


Keywords


motivasi belanja; atribut toko; kegembiraan belanja

References


Anang, F. (2019). PEMASARAN (dasar dan konsep). June, 398.

Arij, F. N. (2021). PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE.CO.ID Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(6), 1–16.

Beddu, H., Kamase, J., Labbase, I., & Arfah, A. (2022). Pengaruh Citra Toko, Motivasi Hedonis, Bauran Pemasaran, terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Online melalui Keputusan Impulsif di Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa Sulawesi Selatan. Jurnal Sosio Sains, 8(1), 39–54.

Chaniago, H. (2021). 18. BUKU-MANAJEMEN RITEL-HARMON- (Y. Efawati (ed.); 1st ed.). PT EDUKASI RISET DIGITAL.

Griffin, R. W., & Gregory, M. (2013). Perilaku Organisasi : Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Organisas (H. D. A & A. Diana (eds.); 9th ed.). Salemba Empat.

Hair, J. F., C., J. W., Barry, C. B., Babin, J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Pharmaceutical Quality by Design: A Practical Approach (7th ed.). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.1002/9781118895238.ch8

Haryanto, A. T. (2019). Pemasaran Dan Keunggulan Bersaing (Studi Perusahaan Finance di Wonogiri). Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 7(2), 106–114.

Khomilah, M., & Ulang, K. P. (2020). Pengaruh Promosi , Atribut Toko ( Store Attributes ), dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Nick Coffe di Kota Bengkulu. 1–98.

NF Mufreni, A., Rosyadi, A., & Rahmat Taufiq, A. (2019). Pengaruh Atribut Toko Online Terhadap. Jurnal Ekonomi Managemen, 3(Mei), 35–42.

Novitasari, D. (2013). Analisis minat beli konsumen terhadap produk pelembab rambut (conditioner) pantene, rejoice,sunsilk ditinjau dari norma subyektif dan setelah melihat iklan. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 1(1), 32.

Phua, J., Jin, S., & Kim, J. (2016). Gratifications of Using Facebook, Twitter, Instagram, or Snapchat to Follow Brands: The Moderating Effect of Social Comparison, Trust, Tie Strength, and Network Homophily on Brand Identification, Brand Engagement, Brand Commitment, and Membership Intentio. Telematics and Informatics, 34. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.06.004

Robbins, S. P., Coulter, M. K., Martoccio, J. J., & Long, L. K. (2018). Management. Pearson.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen (Zoekifli (ed.); 7th ed.). Indeks.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (p. 346). Alfabeta.

Sukartaatmadja Iswandi, & Sad Irwan R. (2020). Pengaruh Atribut Produk Herbal R Irwan Sad dan Iswandi Sukartaatmadja. 1(3), 255–262.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.13784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com