Pengaruh coorporate social responsibilty, investment opportunity dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating

Kevin Pratama, Michael Hadjat, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Coorporate Social Responsibilty, Investment Opportunity  Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating pada perusahaan manufaktur (sub sector makanan dan minuman). Penelitian ini menggunakan populasi dari laporan tahunan perusahaan yang telah diaudit dan dipublikasikan. Data diperoleh antara lain berasal dari Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan ICMD (Indonesian Capital Market Directory) pada periode 2011-2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS 16. Hasil Penelitian menunjukkan vaiabel moderasi profitabilitas tidak berpengaruh signifikan antara hubungan CSR dengan nilai perusahaan, dan antara Investment opportunity dengan nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas berpengaruh negative terhadap hubungan antara leverage dan nilai perusahaan

 


Keywords


Profitabilitas; coorporate social responsibilty; investment opportunity; leverage; nilai perusahaan

References


Christiawan, Jogi Julius dan Tarigan Josua. “Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan”, Jurnal Akuntansi Keuangan, Vol.9 No.1, 2007.

Dahli, L. dan Siregar, V. S. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ke 4.Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang. dan A. Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasnawati, Sri., 2005. “Dampak set peluang investasi terhadap nilai perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, Vol. 9 No. 2, pp 117-126

Irawati, Susan, 2006. Manajemen Keuangan, Cetakan Pertama, Pustaka, Bandung

Lako Andreas. 2011. “Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi”. Jakarta: Erlangga.

Martono dan D. Agus Harjito. “Manajemen Keuangan”, Ekonisia, Yogyakarta, 2005

Moeljadi. 2006. Manajemen Keuangan Jilid I. Bayumedia Publishing. Malang, Jawa Timur

Nurcahyo, Bagus dan A.D Putriani Anugrah. “Analysis Of The Effect of Investment Opportunity Set (IOS) on Return Stock Company Manufacturing Sector”, Universitas Gunadarma, 2009.

Nurlela dan Islahudin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Pagalung Gagarin. (2003). Pengaruh Kombinasi Keunggulan dan Keterbatasan Perusahaan Terhadap Investment Opportunity Set (IOS). Jurnal Riset Akuntansi Indonesia volume 6 nomer 3 hal. 249-263.

Rimba Kusumadilaga. “pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia),Universitas Diponegoro, 2010

Rachmawati, Andri dan Hanung Triatmoko, ―Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan‖, SNA 10 UNHAS Makasar, 2007.

Sayekti, Yosefa, dan Ludovicus Sensi Wondabio. 2007. ”Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient”. Makalah Disampaikan dalam Simposium Nasional Akuntansi ke-10. Makasar, 26 – 28 Juli.

Sudana I Made. 2011. “Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik”. Jakarta: Erlangga

Sugiyono,. 2004. “metode penelitian administrasi”(13th ed.), Bandung: Semesta

Suharli, Michell. 2002. Studi Empiris terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Go Public di Indonesia. Jurnal Maksi, Volume 6 Nomor 1. Januari : 23-41.

Suharto, Edi. 2007. Corporate Social Responsibility : What is and Benefit for Corporate. http://www.policy.hu/suharto.

Susanti Rika. 2010. “Analisis Faktor - Faktor yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Go Public Yang Listed Tahun 2005-2008)”

Sutopoyudo. 2009. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sutopoyudo’s Weblog at http://www.wordpress.com.

Wahyudi, Untung., dan Pawestri, P. Hartini., 2006. ”Implikasi struktur kepemilikan, terhadap nilai perusahaan dengan keputusan keuangan sebagai variabel intervening” Simposium Nasional Akutansi 9 Padang, 23-26 Agustus

Wijaya, Lihan Rini Puspo dan Bandi Anas Wibawa. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto, Unsoed.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com