Pengaruh Quality Of Work Life (Qwl) dan Dukungan Organisasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan pada PT Aj Squislife Assuranse di Samarinda

Muhammad Fajri Irawan, Sri Mintarti, Robiansyah Robiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan variabel Kualitas hidup keajaiban, dan dukungan organisasi, yang mempengaruhi motivasi kerja PT. Asuransi AJ Sequislife di Samarinda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas kehidupan kerja, dan dukungan organisasi, variabel dependen adalah motivasi kerja. Jenis penelitian dalam penelitian ini termasuk penelitian kausal, yang merupakan temuan penelitian dan menggambarkan hubungan (sebab dan akibat). Populasi karyawan PT. Asuransi AJ Sequislife di Samarinda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah responden adalah 76 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan menyebarkan kuesioner. Jenis dan sumber data menggunakan data primer. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas kehidupan kerja berpengaruh terhadap motivasi kerja secara positif dan signifikan, dukungan organisasi berpengaruh terhadap motivasi kerja secara positif dan signifikan



Keywords


Kualitas kehidupan kerja; dukungan organisasi; motivasi kerja

References


Adiyanto,Wilhelmus. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja dan KepemimpinanTerhadap Kinerja pegawai pada Badan Keluarga Berencana danPemberdayaan Perempuan Kabupaten Flores-NTB, UniversitasDiponegoro.

Agustina,Ika. 2008. Faktor-faktor Motivasi Yang mempengaruhi KinerjaKaryawan pada PT. Gaya Manunggal Kresitama,Jurnal SkripsiUniversitas Gunadarma. Vol.1 No 3 pp.1-13.

Anggraeni,Muthia Octara. 2009. Gambaran Presepsi Pegawai Non MedisTerhadap Komponen Quality of WorkLifedi Rumah Sakit Islam Jakarta tahun 2009, Universitas Indonesia.

Astrini, Resky. 2012. Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Makasar, Universitas Hasanuddin Makssar.

Cascio,W.F. 2009. Managing Human Resource: Productivity, Quality ofWork Life, Profit. Edisi Ke 4.

Dyah,Gefi K. 2013. Analisa Peningkatan Motivasi Terhadap Prestasi KerjaAgen Asuransi pada PT. Prudential Life Assurance cabang Makssar.Universitas Hasanuddin Makassar.

Fatdina. 2007. Peran Dukungan Organisasi Yang Dirasakan Karyawan Sebagai Mediator Pengaruh Keadilan Prosedural Terhadap PerilakuKewarganegaraan Organisasi. Jurnal Psikologi. Vol 36, No. 1,1 – 17

Ginting,Batiren Ady Putra, 2008. Pengaruh Role Stressor dan PresepsiDukungan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja pada Dosen UnikaSoegijapranata Semarang. Universitas Soegijapranata Semarang.

Hasibuan,Malayu. 2005. Manjemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bjami Askara.

http //www.jurnalqwl/SiskaRahmadiyanMutuKehidupanKerjaPegawai.htm(diakses anggal 26 September 2014)

http : //www.jurnalqwl/Hermien Iskandar Quality of Work Life.htm(diakses tanggal 26 September 2014)

Hutapea, Bonar. 2012. Sifat kepribadian dan Dukungan Organisasi SebagaiPediktor Komitmen Organisasi Guru Pria di Sekolah Dasar. UniversitasTarumanegara. Makara, Sosial Humaniora, Vol.16, No 2. Desember2012: 101-115.

Jogiyanto.2009. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. BPFE-UGM. Yogyakarta.

Lipu, Andi Tonra, Syamsu Alam dan Fauziah Umar. 2014. Kepuasan Kerja, Dukungan Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mega Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.

Muljani, Benedicta Djarwati. 2012. Pengaruh Kepemimpinan TransformasionalDan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan KepuasanKerja Karyawan tenaga pendidik yang dipimpin perempuan di universitasKatolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal SkripsiUniversitas Brawijaya MalangIndonesia . Vol 6, No 2.

Nugraheny, Penny setyowati. 2009. Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja,Dukungan Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap MotivasiKerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada PT. Bank Mandiri(persero) Tbk Kota Semarang. Universitas Diponegoro.

Nitasari, Rizka Afrisalia. 2012. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja TerhadapKinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel InterveningPada PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Kudus. Universitas Diponegoro.

Octaviani, Triana. 2012. Analisis Hubungan Faktor-faktor Quality of Work LifeDengan Produktivitas Kerja karyawan PT. Taspen (Persero) cabangBogor. Universitas Institut Pertanian Bogor.

Pratama, Edwin Al. 2012. Pengaruh Quality of Work Life Terhadap MotivasiKerjaPada Pegawai Kelurahan di Kota Batu. Universitas Brawijaya malang.

Pramdhana, Fadly. 2013. PengaruhQuality of Work Life (QWL)terhadapKepuasan kerja karyawan pada PT. Sumber murni lestari Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.

Rivai, Veithzal. 2004. Manjemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan PT. Raja Gafindo Persada Jakarta.

Siagian, Sondong P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. PT RinekaCipta, Jakarta.

Suwanto.H. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi PublikDan Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Samtica, Sinta.2011. Hubungan Komponen Kualitas Kehidupan Kerja (QWL) Dengan Motivasi Kerja Perawat Pelaksana di RS.Haji Jakarta Tahun 2011.Universitas Indonesia Jakarta.

Solimun, 2010. Analisis Multivariat Pemodelan Struktural Metode Partial LeastSquare – PLS. Malang. CV Citra Malang.

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Wikendari, Ulfah. 2010. Pengaruh Dukungan Organisasi dan Penilaian KinerjaTerhadap Prestasi kerja Pegawai di Universitas Al Wahliyah LabuhanBatu. Universitas Umatera Utara, Medan.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com