Peran brand personality congruity terhadap loyalitas merek dimediasi oleh kepercayaan merek

Tasya Yaumil Amalia, Tetra Hidayati, Robiansyah Robiansyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Brand Personality Congruity (BPC) pada Loyalitas Merek yang dimediasi oleh Brand Trust pada orang yang menggunakan Iphone di Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 35 pengguna iPhone di Samarinda yang telah memenuhi kriteria untuk dijadikan responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisis Path. Brand Personality Congruity (BPC) secara signifikan mempengaruhi Brand Trust, Brand Personality Congruity (BPC) secara signifikan mempengaruhi Loyalitas Merek dan juga efek tidak langsung, yaitu Brand Personality Congruity (BPC) secara signifikan mempengaruhi Loyalitas Merek melalui Brand Trust pada pengguna Iphone di Samarinda


Keywords


Bbrand personality; loyalitas merek; kepercayaan merek

References


Arjun Chaudhuri; Morris B Holbrook,“The Chain of Effect from Brand Trust and

Brand Effect to brand preformance : The Role of Brand Loyalty”. Journal

of Market Focused Management, 2001

Delgado, E., Munuera, J.L 2005. Does Brand Trust Matter To Brand Equity, Journal of Product and Brand Management, Vol. 14 No. 3, pp. 187-196.

Durianto, D. 2004.Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek . Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Edisi 5. Universitas Diponegoro : Semarang.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu

Freida Ellena, 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi,

dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada

Nasabah PT. BRI (Persero) Tbk. Cabang Pemalang).

J. Supranto dan Nandan Lima Krisna. 2007. Perilaku Konsumen. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya. Pustaka Utama.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Tjiptono, Fandi. 2005. Brand Management dan Strategi. Yogyakarta. Penerbit Budi.

Tjahyadi, Rully Arlan. 2006. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com