Dampak perilaku relasional tenaga penjualan dan keadilan organisasi terhadap loyalitas pelanggan

Authors

  • Fina Noor Azmy Fakultas Ekonomi dan BIsnis, Universitas Mulawarman, Samarinada, Indonesia
  • Suharno Suharno
  • Jusuf Kuleh

DOI:

https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1327

Keywords:

Relational behavior, justice organization, customer loyalty

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan signifikansi pengaruh prilaku penjual terhadap loyalitas pelanggan. Menganalisis dan menentukan signifikansi pengaruh keadilan organisasi terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang pelanggan Asuransi Sequislife di kota Samarinda. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS), pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SmartPLS3. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil perhitungan estimasi R-square menggunakan smartPLS, menunjukkan bahwa nilai R-square adalah sama dengan 0,916 atau 91,6%. ini menunjukkan bahwa 91,6% variabel relasional dan perilaku keadilan organisasi dapat dipengaruhi oleh variabel loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya 8,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti. Berdasarkan perhitungan nilai reliabilitas komposit untuk semua konstruk di atas 0,7 yang menunjukkan bahwa semua konstruk model yang diperkirakan memenuhi kriteria. Reliabilitas dengan nilai komposit terendah sebesar 0,701 pada variabel loyalitas pelanggan dan reliabilitas adalah skor komposit tertinggi yaitu pada 0,884 pada variabel kewajaran organisasi.

References

Frankwick, Gary L., Stephen S. Porter, dan Lawrence A. Crosby, 2001, “Dynamics of Relationship Selling:A Longitudinal Examination of Changes in Salesperson-Customer Relationship Status”, Journal of Personal Selling & Sales Management, Vol.XXI, No.2.

Jogiyanto dan Abdillah, 2009 Konsep dan Aplikasi PLS BPFE, Yogyakarta

Ndubisi, N.O. (2007), “Relationship quality antecedents: the Malaysian retail banking perspective”, International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 24, pp. 829-45.

Ndubisi, Nelson Oly and Chan Kok Wah, 2005, Factorial and Discriminant Analysis of The Underpinnings of Relationship Marketing and Customer Satisfaction, International Jurnal of Bank Marketing, Vol 23: 542-557.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset

Published

2018-06-04

Issue

Section

Articles