Pengaruh profitabilitas dan likuiditas serta investment opportunity set terhadap kebijakan dividen

Muhammad Gunawan, Musdalifah Azis, Djoko Setyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Peluang Investasi terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Otomotif dan Produk Sekutu yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Kebijakannya adalah seluruh perusahaan produk otomotif dan produk sekutu yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus. Teknik analisis penelitian ini adalah Regresi Liniear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dapat diverifikasi memiliki pengaruh dan signifikan secara statistik terhadap kebijakan deviden. Variabel likuiditas dan set kesempatan investasi tidak berpengaruh pada kebijakan deviden. Penentuan koefisien menunjukkan 35,2%. Artinya bagaimana variabel independen menjelaskan variabel dependen sedangkan 64,8% dijelaskan oleh variabel lain


Keywords


Probabilitas; likuiditas; set peluang investasi; kebijakan dividen

References


Marpaung, Indrawati Elyzabet dan Bram Hadianto. (2009). “Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen: Studi Empirik pada Emiten Pembentuk Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia” Jurnal Akuntansi Vol. 1 No.1 Mei 2009: 70-84. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Nursafitri, Diah. 2013. Pengaruh Free Cash Flow , Investment Opportunity Set (IOS) dan Firm Size terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Yogyakarta : Universitas egeri Yogyakarta.

Parica, Roni dkk. “Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Likuiditas, dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Automotive and Allied Product yang terdaftar di BEI”. Jurnal Akuntansi Universitas Riau Vol.2 No.1. 2013.

Pasadena, Rizka Persia. 2013. Pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar Di bursa efek Indonesia. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pebriani, Rizki. 2009. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Dividen Pada Sektor Industri Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003-2007. Artikel Universitas Gunadarma, Jakarta.

Pramastuti, Suluh. “Analisis Kebijakan Dividen: Pengujian Signalling Theory dan Rent Extraction Hypothesis”. Tesis UGM hal.8. 2007.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar–Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Jakarta:BPFE.

Rodoni, Ahmad dan Herni Ali. “Manajemen Keuangan”. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media. 2010.

Sandy, Ahmad. 2013. “ Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Kas Pada Perusahaan Otomotif ” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 1 No 1, Januari 2013.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA.

Safrida dan Risanty. (2004). “Hubungan Nilai Set Kesempatan Investasi sebagai Indikator Pertumbuhan Perusahaan terhadap Realisasi Pertumbuhan Perusahaan di Bursa Efek Jakarta,” Jurnal Ekonomi Akuntansi. Medan.

Sari, Fitria Ratih. (2010). “Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Utang, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen” Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Septi, Dian. 2012. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2010. Artikel Universitas Semarang

Suharli, Michelle. (2007). Pengaruh Profitability dan Investment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas Sebagai Variabel Penguat (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode (2002-2003). Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Sutrisno, 2007, Manajemen Keuangan Teori Konsep Dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Kelima, Ekonisia, Yogyakarta.

Sutrisno, 2012, Manajemen Keuangan Teori Konsep Dan Aplikasi, Edisi Kedelapan, Cetakan Kelima, Ekonisia, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i2.1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com