Analisis loyalitas konsumen dengan model piramida terbalik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Loyalitas Konsumen Terhadap Tokopedia Dengan Model Piramida Terbalik. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan desain penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling dimana pengambilan populasi dipilih secara acak dengan pertimbangan tertentu, berjumlah 83 orang dijadikan sebagai sampel. Dengan kuisioner skala likert sebagai penghimpun data. Penelitian ini menggunakan analisis piramida terbalik (switcher, habitual buyer, satisfied buyer, like the brand, committed buyer) dengan ProT (Possibility Rate of Transition = kemungkinan berpindah merek) sebagai alat hitungnya. Bedasarkan hasil yang didapat menunjukan bahwa konsumen yang melakukan pembelian di Tokopedia saat ini memiliki tingkat loyalitas terhadap Tokopedia, dimana cara menunjukan kesetiaannya yang cenderung dominan pada indikator committed buyer. Yang dimana hasil tersebut menunjukan perilaku konsumen Tokopedia yang berkomitmen dan terus mengatakan hal positif tentang Tokopedia kepada orang sekitarnya. Meskipun pada indikator lain mencerminkan perilaku loyalitas.
Keywords
References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Andi Offset.
Darmadi Durianto, Sugiarto, T. S. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Gramedia.
Devi Gita, Retno Setyorini, ST, M. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online ZALORA.CO.ID The Effect Of Brand Ambassador To The Brand Image Of Online Company From ZALORA.CO.ID. Administrasi Bisnis, 3, 620. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3097/2938
Dr. M. Anang Firmansyah, SE, M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 107.
Ferdinand. (2014a). Metode Penelitian Manajemen (Pertama). Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A. (2014b). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2003). Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Erlangga.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Kotler, P. & Keller, K. . (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed., p. 172). Erlangga.
Opiida. (2014). Pengertian E-MarketPlace. 18 April. https://tokokhalista.wordpress.com/2014/04/18/pengertian-e-marketplace/
Philip Kotler, K. lane keller. (2009a). Manajemen Pemasaran (1st ed.).
Philip Kotler, K. lane keller. (2009b). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Erlangga.
Philip Kotler, K. lane keller. (2009c). Menghantarkan nilai pelanggan yang tinggi. In Erlangga (Ed.), Manajemen Pemasaran (13th ed., p. 138).
Shijie, Z., & Lingfang, W. (2013). Improving Customer Loyalty By Getting Rid Of The Misunderstanding. Global Journal Of Management and Research Business Research Marketing,.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2017c). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. ALFABETA.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.
Tokopedia. (n.d.). Tokopedia/Kisah Kami. https://www.tokopedia.com/about/our-story/
Utami, C. W. (2006a). Manajemen Ritel (E. S. Suharsi (ed.)). Salemba empat.
Utami, C. W. (2006b). Strategi Pemasaran dalam bisnis ritel. In Manajemen ritel (3rd ed., p. 111). Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.13149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com