Pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, dan kepercayaan layanan online terhadap keputusan pembelian milenial

Dwina Thasya Maghrifa, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, menguji serta mengetahui pengaruh pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan layanan online terhadap keputusan pembelian milenial samarinda melalui pengguna fitur belanja Online Shopee. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah keputusan pembelian sebagai varabel terikat dan persepsi kemanfaataan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kepercayaan sebagai variabel bebas. Penelitian ini menggunakan analisis Partical Least Square (PLS) dengan menggunakan Software Smart PLS versi 2.0 yang dijalankan dengan media komputer. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel kemanfaatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Shopee sedangkan persepsi kemudahan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di fitur belanja online Shopee.


Keywords


Persepsi kemanfaatan; persepsi kemudahan penggunaan; persepsi kepercayaan; keputusan pembelian

References


Ayu, R. R., & Valentina, N. (2020). Kepercayaan Sebagai Variable Intervening Pada Aplikasi Fintech Ovo. Journal Strategi Marketing.

Berlianto, Margaretha. (2017). Pengaruh Kemanfaatan-E, Kepuasan-E, Dan Kepercayaan-E Terhadap Kesetiaan-E Pada Gojek. Business Management Journal. 13. 10.30813/bmj.v13i1.247.

Cindy Regina Oroh, 2015. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Kembali Tiket Ekeltronik Lion Air. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 15 No. 05

Dwi Putradjati Ariwibowo. (2012). Pengaruh Trust dan Perceived of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-commerce (Survai Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Jogiyanto. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta.

Juhri, K., & Dewi, C. K. (2017). Kepercayaan dan Penerimaan Layanan Mobile Money T-Cash di Bandung dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Pro Bisnis, 10(1), 36–51

Suyanto. (2015). Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top

Dunia. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2014). Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prehallindo.

Ridha.N (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah (14).1

S. Priambodo, and B. Prabawani, "Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 127-135,

Salisbury, W. David, et al. (2014) "Perceived security and World Wide Web purchase intention." Industrial Management & Data Systems 101.4: 165-177.

Saputri, Ainun Fika B.A. 2015. Pengaruh Kemanan, Kemudahan, dan Risiko Kinerja terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com (Studi pada Pengguna Situs Belanja Online Tokopedia). Skripsi. Yogyakarta: FE UNY

Jonatan Sarwono dan Tutty Martadiredja. (2018). Riset Bisnis Untuk Pengambilan Keputusan. Bandung: Andi.

Silaen, Elsa ,2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet Dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Keputusan pembelian Ulang E-Wallet Ovo.Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suh, B., dan Zhang, I. 2015. The Impact of Customer Trust and Perception of Security Control on The Acceptance of Electronic Commerce.International Journal of Electronic Commerce. Volume 7(3), pp. 135–161.

Turban, E. Rainer, Potter. 2011. Introduction to Information Systems: Enabling and Transforming Business. 2nd Edition. John Wiley & Sons, Inc

Winayu, N. Y. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce Forum Jual Beli

Wiyono, Gendro,2014. Merancang Penelitian Bisnis dengan Analisis SPSS 17.00 & Smart PLS 2.0, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.12288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com