Pengaruh pemasaran digital dan inovasi produk serta kepercayaan konsumen terhadap pembelian sepatu ventela di kota samarinda

Rabiatul Adewyah, Muhammad Wasil

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan menjelaskan Pengaruh Pemasaran Digital dan Inovasi Produk serta Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Minuman sepatu Ventela di Kota Samarinda. Teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pemasaran Digital berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Keywords


pemasarandigital;inovasiproduk;kepercayaankonsumen;keputusanpembelian

References


Elitan, L., & Anatan, L. (2009). Manajemen Inovasi Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia. Alfabeta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (S. Wall, M. Gaffney, E. Adams, S. Jackson, S. Ukil, & D. Petrino, Eds.; Global 15th Edition). Pearson Education, Inc.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2017). Principles Of Marketing (17th Ed.). Pearson Education, Inc.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga

Pebrianti, W., Arweni, & Awal, M. (2020). Digital Marketing, E-Wom, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48–56.

Polder, M., Leeuwen, G. Van, Mohnen, P., & Raymond, W. (2012). Product, Process And Organizational Innovation: Drivers, Complementarity And Productivity Effects. Ssrn Electronic Journal.

Prasaranphanich. (2013). Perilaku Konsumen, Analisis Model Keputusan. Yogyakarta. Center Of Academic.

Ryan, Damian., & Jones, Calvin. (2009). Understanding Digital Marketing : Marketing Strategies For Engaging The Digital Generation. Kogan Page.

Ryan, Natalie Ann. (2002). In Brands We Trust. International Business Master Thesis No 2002 :4.

Sandy, K., & Thoyib, S. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung Angkatan 2016-2018. Holistic Journal Of Management Research, I(1). https://www.databoks.katadata.co.id

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Pt. Elex Media Komputindo.

Simamora, B. (2011). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel. Pt. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.12249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com