Pengaruh duta merek dan electronic word of mouth terhadap minat beli

Kirana Aristawati, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) pengaruh duta merek tehadap minat beli pada Tokopedia di Samarinda (2) pengaruh electronic word of mouth tehadap minat beli pada Tokopedia di Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat yang berdomisili di Samarinda dengan mengambil sample sebanyak 100 responden menggunakan metode porposive sampling dan sample sudah ditetapkan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis linear berganda. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar menggunakan google form yang diukur dengn skala Likert dan diolah menggunakan SPSS. Data tersebut telah diuji kualitasnya menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah uji kualitas dilakukan, data diolah menggunakan uji regresi berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisiensi determinasi, uji simultan (F) dan uji parsial (t). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa(1) variabel duta merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel minat beli pada Tokopedia di Samarinda. (2) ) variabel electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel minat beli pada Tokopedia di Samarinda


Keywords


E-commerce; duta merek; electronic word of mouth; minat beli

References


Chinomona, R. (2013). The Impact of Product Quality on Perceived Value, Trust and Students’ Intention to Purchase Electronic Gadgets. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Rome-Italy Vol 14 No 14, 463-472.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Hennig-thurau, T., Hennig-thurau, T., & Hennig-thurau, T. (2014). Digitalization Consumer Report Jonas vor dem Esche Björn Bloching. July. https://doi.org/10.13140/2.1.3071.0402

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: Rajawali Pers

Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications Ebook. Somerset, NJ, USA: Wiley

Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study: The Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 2(1), 267–273.

Mothersbaugh, D. L., Hawkins, D. I., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer Behavior Building Marketing Strategy.

Mudzakir, F. (2018). the Influence of Brand Ambassador Usage Toward Brand Image of Oppo. Industrial Research Workshop and National Seminar, 648–655. https://jurnal.polban.ac.id/index.php/proceeding/article/download/1109/910

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior 12th Edition. In In Consumer Behavior

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behaviour: A European Outlook. In Pearson Education.

Hendayana, Y., & Afifah, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassdor Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui. Kinerja Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 32–46.

Flanagin, A. J., Metzger, M. J., Pure, R., Markov, A., & Hartsell, E. (2014). Mitigating Risk in Ecommerce Transactions: Perceptions of Information Credibility and The Role of User-Generated Ratings in Product Quality and Purchase Intention. Electronic Commerce Research, 14(1), 1–23. https://doi.org/10.1007/s10660-014-9139-2

Tariq, Maryam., Abbas Tanver., Abrar, Muhammad., Iqbal, Asif (2017) EWOM And Brand Awareness Impact on Consumer Purchase Intention: Mediating Role of Brand Image. Pakistan Administrative Review Vol 1, No 1.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.12219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com