Pengaruh daya tarik dan keahlian celebrity endorser terhadapkeputusan pembelian mobil daihatsu xenia

Akipun Soleh, Suharno Suharno, Gusti Noorlitaria A

Abstract


Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan perusahaan untuk lebih tegas dalam pemasaran untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Ini menuntut perusahaan untuk lebih kreatif dalam operasi. Salah satunya adalah menggelar promosi. Media kampanye yang sering digunakan untuk menyampaikan informasi tentang produk adalah media iklan. Periklanan adalah salah satu media yang digunakan oleh perusahaan. Iklan menjadi sorotan tajam karena aspek informasi menjadi bagian penting dalam bisnis. Iklan yang efektif dianggap mampu mempengaruhi kecenderungan untuk mengkonsumsi dalam komunitas. Berdasarkan analisis yang telah digunakan, sejumlah kesimpulan pada saat memproses regresi berganda. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas. Diperoleh dari persamaan regresi, variabel dependen yang memiliki nilai keahlian paling signifikan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel daya tarik dan keterampilan belajar, kedua variabel ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan tes menunjukkan signifikan f <0,05. Ini berarti bahwa variabel daya tarik (x1), dan keterampilan (x2) secara bersama-sama memengaruhi keputusan pembelian (y). Koefisien determinasi yang disesuaikan (adjusted R ^ 2) adalah 0,356, atau 35,6 persen dari variasi semua variabel independen (daya tarik dan keterampilan) dapat menjelaskan variabel dependen (keputusan pembelian), sedangkan 64,4 persen dijelaskan oleh variabel lain yang merupakan tidak diajukan dalam penelitian ini


Keywords


Daya tarik; keahlian; keputusan pembelian

References


Ajeng Peni Hapsari (2008) “Analisis perbandingan penggunaan celebrity endorser dan tipical person endorser iklan televisi dan hubungannya dengan keputusan pembelianproduk”.JurnalFakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung.

Arifin Adyatma, 2012. Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Kota Makassar

Assael H, 2002, Consumen Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset,AS.

Basu Swastha DH., 1994. Asas-asas Marketing, Cetakan Ketiga, Liberty,

Yogyakarta.

Basu Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran “Analisa perilaku konsumen “. Edisi pertama cetakan ketiga. BPFEYogyakarta, Yogyakarta

Basu Swastha, dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta

Etta mamang sangadji & Sopia, 2013. “Perilaku Konsumen” Penerbit CV Andi Offset, Yokyakarta.

Eni Heruwati, 2010. “Analisia Pengaruh Daya Tarik, Kredibilitas, dan Keahlian Celebrity Endorser Terhasap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio”, Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro Semarang.

Ferdinand Augusty, 2006. “Metode Penelitian Manajemen” Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro

Ghozali, Imam, 2007, ”Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Cetakan Empat. Badan Penerbit Universitas diponegoro. Semarang

Heryansyah Muhammad, 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Hotel New Hayani di Samarinda)

Hardiman, Ima. 2006. Seri Pintar Public Relations: 400 Istilah PR Media & Periklanan. Jakarta : Penerbit Gagas Ulung.

Jewler, D, 2005. “Creative in Advertising (8th ed)”. Thompson Work Worth. USA.

J. Supranto, 2003, “Statistik Teori dan Aplikasi”, Edisi 5, Penerbit Erlamgga, Jakarta

Kotler, Philip. 1993.Manajemen Pemasaran, Perencanaaan, Implementasi dan Kontrol, Jakarta: PT Rosdakarya.

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management “Analysis, Planning, Implementation

and Control” (9th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2006), Marketing Management, Pearson Education Inc.

Royan, Frans.M, 2005, Marketing Celebrities, Jilid I, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kussudyarsana, 2004, ”Fenomena Selebritas Sebagai Model Iklan Dari Sudut Pandang Sumber Pesan”, Benefit Volume 8 No.2 Hal. 151-159.

Kuncoro, Mudrajat. 2001. Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.

Mahestu Noviandra, 2006, ”Analisis Pengaruh Model Iklan Terhadap Perilaku Pembelian Remaja, Kasus Pada Bintang Akademi Fantasi Indosiar”.

McDaniel, Lamb Hair, 2008, Eseential of Marketing, USA: International Thompeson Publising

Ohanian, Roobina. (1990). “Construction and Validation of Scale to Measure Celebrity Endorsers Perceived Expertise, Trustworthiness, and Attractiveness”. Journal of Advertising. ABI/INFORM Research. 19(3);39-52.

Schultz,D.E.& Bames, B.E. 1999. Strategic Brand communication Campaigns. Illionis: NTC Business Books.

Setiawan, Iwan. 2002. “Manajemen Strategis”, Edisi-2., Cetakan 2,Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Sebayang, Siahaan Simon, 2008, ”Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Mio Pada Mio Automatik Club (MAC) Medan”, Fakultas Ekonomi USU, Jurnal Manajemen Bisnis,Vol.1 No.3 Hal. 117-125.

Sigit, S. 1982. Pengantar Ekonomi Perusahaan Praktis. Armunita, Yogyakarta.

Shimp, Terence A, 2003, “Periklanan Promosi”, Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Supranto J., 2003, Metode Riset dan Aplikasinya Dalam Pemasaran, Edisi Ketujuh, Rineka Cipta, Jakarta

Sugiyono, 2006, “Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesembilan”, Penerbit CV Alpha Betha, Bandung.

Sugiyono, 2014, “Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D”, Penerbit CV Alpha Betha, Bandung.

Suharno, Sutarso, Yudi., 2015. Marketing In Practice: KP Books (Kaltim Pos Group). Samarinda.

Stefani Selfi, 2013. Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Berlabel “Wardah”.

Trihendradi C, 2012, “Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik”, Penerbit ANDI, Yogyakarta

Winardi, 1992, “Promosi dan Reklame”, Penerbit Mandar Maju, Bandung.

http://id.wikipedia.org/wiki/Daihatsu_Xenia

http://autonetmagz.com/10-tahun-daihatsu-xenia-berbagi-10-program-bermanfaat/12442/

https://www.youtube.com/watch?v=ouSIm3mnFKs

https://www.youtube.com/watch?v=0uE2pjwDbV8




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i1.1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com