Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian layanan internet

Authors

  • Dicky Wahyudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Syarifah Hudayah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.12026

Keywords:

Harga, kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Telkomsel; Populasi dalam peneltian ini yaitu pembeli kartu perdana Telkomsel dengan jumlah yang tidak diketahui di samarinda. Teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability Sampling Â dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan SPSS Versi 25 untuk menguji validitas dan reliabilitas responden. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian kartu perdana Telkomsel di Samarinda, dan Kualitas Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian kartu perdana Telkomsel di Samarinda.

References

Abdillah, W. dan J. (2015). Partial Least Square Alternatif SEM dalam Penelitian Bisnis (D. Prabatini (ed.); Pertama). C.V ANDI OFFSET.

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. In book.

Alim, S. A., Mawardi, M. K., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Persepsi Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim ( Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 127–134.

Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101–118. https://mediakonsumen.com/2018/05/14/sur

Dewi, D. R., Magdalena, M., & Dhiana, P. (2015). Pengaruh Word of Mouth, Tingkat Pendapatan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Journal of Management, 1(1), 1–19. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/viewFile/254/250

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (Kelima). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Garvin, D. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 10(1), 47–87. https://doi.org/10.14710/jspi.v10i1.47

Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. 1(1), 31–48.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 04(1), 43–51.

Kinicki, A., & Fugate, M. (2016). Organizational Behavior : A Practical, Problem-Solving Approach (2nd ed.). McGraw Hill Education.

Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management (D. Petrino (ed.); 15th ed.). Pearson Education.

Pambudi, S. (2017). Related Papers. Over The Rim, 191–199. https://doi.org/10.2307/j.ctt46nrzt.12

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420

Steven, W., & Purba, J. T. (2021). How Product Quality , Brand Image and Price Perception Impact on Purchase Decision of Running Shoes ? 1289–1297.

Sugiyono. (2014). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (M. T. Sutopo (ed.); 5th ed.). ALFABETA CV.

Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). ALFABETA, CV.

Sugiyono, M. (2015b). uji_validitas_dan_reliabilitas.pdf.crdownload.

Susanto, S. P., & Andronicus, M. (2021). Jurnal Mantik The Influence of Service Quality , Product Quality , and Promotion on Purchase Decision at PT . Unikitz Bersatu Group Medan Branch. 5(36), 946–952.

Vania, F. S. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Manajemen & Bisnis, 5(1), 1–7.

Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). The Effect of Promotion and Price on Purchase Decisions. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 272–279. https://doi.org/10.36555/almana.v4i2.1410

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles