Pengaruh gender, gaya hidup, dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen
DOI:
https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.11866Keywords:
Gender, gaya hidup, psikologis, keputusan pembelian, e-commerceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gender, gaya hidup, dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di e-commerce Shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 60 rsponden yang merupakan mahasiswa Universitas Mulawarman. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan variabel dummy yang diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gender, gaya hidup, dan psikologis berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gender dan gaya hidup tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan psikologis berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.
References
Al-Dmour, R., Hammdan, F., Al-Dmour, H., Alrowwad, A. A., & Khwaldeh, S. M. (2017). The Effect of Lifestyle on Online Purchasing Decision For Electronic Services: The Jordanian Flying e-Tickets Case. Asian Social Science, 13(11), 157-169.
Badjamal, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Merek Samsung Di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Trend, 7(2), 1-11.
Bayu, Dimas Jarot. (2021). 10 E-Commerce Dengan Pengunjung Terbesar Pada Kuartal IV 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/11/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar-pada-kuartal-iv-2020. Diakses tanggal 14 Maret 2021.
Fauzie, D., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1), 1-7.
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Firmansyah, Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Deepublish. Yogyakarta.
Fitriani, D. (2019). Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Pontianak). Creative Communication and Innovative Technology Journal, 12(1), 99-107.
Forbes, S. L. (2012). The Influence of Gender on Wine Purchasing and Consumption: An Exploratory Study Across Four Nations. International Journal of Wine Business Research. 24(2), 146-159.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 21. (Edisi 8). Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hair, J., & Joseph, F. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.).
Irwan, A. M. (2019). Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial Dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia Di Kota Makassar). Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 164-176.
Kotler, Philip & Gary Armstrong, (2012). Principles of marketing. Person Education. New Jersey.
Kotler, Philip & Kevin Keller, (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education. New Jersey.
Kumparan. (2020). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2020 Capai 196,7 Juta, Naik Karena WFH.
https://kumparan.com/kumparantech/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2020-capai-196-7-juta-naik-karena-wfh-1uYnJ729dTL. Diakses tanggal 14 Maret 2021.
Kusuma, G. W., Idrus, S., & Djazuli, A. (2013). The Influence of Hedonic Shopping Motivations on Buying Decision with Gender as Dummy Variable:(A Study on Consumers at the Hardy’s Mall Singaraja, Buleleng Regency, Indonesia). European Journal of Business and Management, 5(31), 241-246.
Lamb, Hair & Mc Daniel, C. (2001). Pemasaran Buku 1 (Edisi 1). Salemba 4. Jakarta.
Lautiainen, T. (2015). Factors Affecting Consumers' Buying Decision in The Selection of A Coffee Brand. Thesis. Faculty of Business Administration, International Business, Saimaa University of Applied Sciences, Lappeenranta.
Masud, Fuad. (2004). Survai Diagnosis Organisasional, Konsep dan Aplikasi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Minarti, M. S., & Nainggolan, N. P. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 210-217.
Natanael, K. (2020). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Generasi Y Di Surabaya. Agora, 8(1).
Pinem, Rosalina. (2018). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kain Di Pajak Ikan Medan (Studi Pada Toko Indotex). Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Putri, C. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594-603.
Sadli, Saparinah. (2010). Pemikiran Tentang Kajian Perempuan. PT Kompas Media Nusantara. Jakarta.
Schiffman, Leon & Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. (Edisi 7). Indeks. Jakarta
Setyariningsih, E. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada di Kota Mojokerto. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 2(2), 150-164.
Solomon, Michael R. (2017). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being, (12th ed.). Pearson Education. New Jersey.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.