Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi dana

Muhammad Luthfi Fajri, Doddy Adhimursandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Aplikasi DANA (Studi kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman). Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa S1 jurusan Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Ekonomi yang menggunakan aplikasi DANA di Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling isidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan menggunakan SPSS untuk menguji validitas dan reabilitas responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Reabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; pengaruh Daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; pengaruh Jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; pengaruh Empati berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.


Keywords


Kualitas layanan; reabilitas; daya tanggap; jaminan; empati; kepuasan pelanggan

References


Aryani, Dwi, and Febrina Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi 17(2): 11426.

Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran (14th Ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Assegaft, Setiawan. 2016. The Effect of Service Quality to Customer Satisfaction by Using Internet Banking Service in Jambi. The Asian Journal of Technology Management 9(1): 2136.

Dharmmesta, Basu Swastha. 2014. Manajemen Pemasaran. In: Peran Pemasaran Dalam Perusahaan Dan Masyarakat. Artikel Universitas Terbuka Jakarta: 138.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gloria K.Q Agyapong. 2011. The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction in the Utility Industry A Case of Vodafone (Ghana). International Journal of Business and Management 6: 210.

Kotler, Philip, and Garry Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management -15/E, Harlaw, Pearson Education, Inc.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT

Raja Grafindo Persada.

Mar’ati, Nafisa Choirul, and Tri Sudarwanto. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 4(3): 112.

Sangadji, Etta Mamang, and Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Shah, Azlan. 2018. Mana Lebih Untung E-Money Atau Kartu Debit? www.gobear.com.

(lemeshow s. , 2010). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian (28th Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (2nd Ed). Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, and G. Chandra. 2011. Service Quality & Satisfaction (3rd Ed.). Yogyakarta: Andi.

Wibowo, Setyo Ferry, Dede Rosmauli, and Usep Suhud. 2015. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 6(1): 440.

Widiyawati, Ni Putu. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan,Harga Dan Persepsi Manfaat Fitur GO-PAY Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek. Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.11507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com