Analisa perencanaan suksesi kepemimpinanan

Arif Firmansyah, Siti Maria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan suksesi kepemimpinan, bagaimana transfer pengetahuan dan nilai-nilai kepemimpinan pada CV. Tiga Bintang Buana Paser. Perencanaan suksesi kepemimpinan dan transfer pengetahuan nilai-nilai kepemimpinan diukur dengan menggunakan teori Dubrin dalam Irawanto (2008). Pada penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan suksesi kepemimpinan yang dilakukan oleh CV. Tiga Bintang Buana Paser melibatkan anak dari Bapak Budi Heriadi, yaitu Wynda Adystya. Hal yang dilakukan oleh CV. Tiga Bintang Buana Paser dalam mempersiapkan suksesi kepemimpinan adalah dengan mengenalkan calon suksesor kepada perusahaan sendiri serta jaringan-jaringan yang terlibat dalam perusahaan seperti karyawan serta rekan kerja baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Proses persiapan tersebut diawali dengan terlibatnya Wynda di dalam perusahaan. Sedangkan Penerapan dan transfer nilai-nilai kepemimpinan pada CV. Tiga Bintang Buana Paser dari pemimpin perusahaan kepada calon suksesor sudah tepat. Karena pemimpin perusahaan menerapkan atau memberikan nilai-nilai kepemimpinan kepada anaknya untuk melanjutkan perusahaan. Pemimpin perusahaan menerapkan nilai percaya diri, nilai rendah hati, nilai kejujuran, nilai ketegasan, emosi stabil, antusiasme, rasa humor, hangat, dan tahan frustasi. Karena hal ini merupakan nilai-nilai penting dalam menjalankan suatu bisnis perusahaan keluarga.


Keywords


Suksesi kepemimpinan; perusahaan keluarga

References


Aronoff, C. E. 2002. Family Business Succession.Family Business Enterprise.

Bungin,Burhan. 2003. “Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya”. Jakarta : Kencana.

Cynthia WirawanOei, Bernadette dan Harjanti, Dyah“PerananCalonSuksesorDalamPengelolaan Usaha Madu (StudiKasusPadaUD.Maduam)”.http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/viewFile/2507/2276. 9 Juni 2016.

Hadinugroho, E. 2013. “Studi Deskriptif Persiapan Suksesi Kepemimpinan Pada Perusahaan Freight and Forwarding”. Jurnal Agora

http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/viewFile/231/173. 9 Juni 2016.

Irawanto, D. (2008). “Kepemimpinan : Esensi dan Realitas”. Bayumedia Publishing: Malang.

Moelong,J.L. 2012. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. PT Remaja Rosada:

Bandung.

Mondy,Wayne.R. 2008.”Human Resource Management”. Erlangga (terjemahan) ”Manajemen Sumber Daya Manusia”.Edisi Kesepuluh Jilid1. PT.Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

S.Ruky, Achmad. 2003 “SDM Berkualitas : Mengubah VISI Menjadi REALITAS”. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tracy, Brian. 2014. “How The Best Leaders Lead”. PT Elex Media Komputindo:

Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v3i1.1146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com