Pengaruh harga dan keanekaragaman produk serta lokasi terhadap keputusan pembelian

Muhammad Habibi Baraqbah, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan keanekaragaman produk serta lokasi terhadap keputusan pembelian Kopi Jas Merah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Kopi Jas Merah dengan kriteria masyarakat yang berdomisili di Samarinda, berusia di atas 15-45 tahun, dan melakukan pembelian minimal sekali. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga (X1), keanekaragaman produk (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) baik secara parsial maupun simultan.

Keywords


Harga; keanekaragaman produk; lokasi; keputusan pembelian

References


Agustina, L. (2017). Pengaruh Suasana Toko Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Maya Di Kec. Randublatung Kab. Blora. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 39–43.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, 14(13), 228–239. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Arrofu, L., & Budiyanto. (2019). Pengaruh Kualitas produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Canoe Coffee And Bistro. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(8), 1–17.

Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi (Edisi 1). PT Raja Grafindo Persada.

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4B), 433–445. https://doi.org/10.21276/sjbms

Cahyono, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2015). The Influence of Brand Image, Price And Promotion On Brand Switching (Survey on Student of Business Administration Faculty of Administrative Science Brawijaya University Who Had Ever Switched to Other SIM Card Providers). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 1–10.

Gama, A. W. S., Rustiarini, N. W., & Anggraini, N. P. N. (2016). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati). Jurnal Manajemen & Bisnis, 11(1), 22–30.

Harahap, I. A. B., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu (Studi Kasus Pada Konsumen Kec. Tembalang Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 107–115.

Hartuti, E. T. K., Widiyanti, S. D., Faroh, W. N., Manik, C. D., & Irmal. (2020). The Influence Of Location On Purchase Decision at Pakubuwono Apartments In South Jakarta. HUMANTIS (Humanities, Management Ans Science Proceedings, 1(1), 174–182.

Haryanto, E. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor SAMSAT Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 750–760. http://journal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2212/4022

Hidayat, A., Triyani, D., & Prapti, L. (2019). The Influence of Product Quality, Price Perception, and Brand Image on Furniture Purchase At Pt. Jati City Furindo Jepara. Economics and Business Solutions Journal, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.26623/ebsj.v3i2.1598

Kasimin, S. (2017). Coffee Shop’s Characteristic and Factors that Influence the Number of Visitors and Profit Level of Popular Coffee Shops in Banda Aceh City. Journal Economics, 1(1), 472–479.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-1). Erlangga.

Lisdayanti, A. (2017). The Influence of Location, Store Atmosphere, Price, and CRM on Consumer Purchase Decision at The Milk Bar Bandung. Journal of Accounting, Management, and Economics, 19(2), 35–46.

Mardiasih, T. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar. Jurnal Manajemen, 2(1), 1–10.

Melda, Sutomo, H., & Eviyati. (2015). Pengaruh harga, Keragaman Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pembelian Produk (Studi Kasus di Minimarket Toko Pasti Desa Bojongkulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon). Jurnal Agrijati, 29(3), 9–15.

Nisak, C. (2016). Pengaruh Harga, Keragaman Model Produk, Kualitas Informasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Toko Tas Online Sabilla Store. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 309–320.

Permatasari, I., Nurdiana Nurfarida, I., & Suroso, A. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Joyshop Malang. Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM), 6(2), 1–5. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/5224

Petricia, D., & Syahputra. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Progo Bandung). Jurnal Ekonomi, 2(2), 2117–2124.

Puspa, R., Permana, A., & Nuryati, S. (2017). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Perumahan Ciujung River Park Serang, Banten). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(02), 1–11.

Puspitasari, Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KFC Dermaga Point Palembang). JEMBATAN (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan), 15(1), 23–32. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i1.5881

Rosdiana, E., Suharno, H., & Kulsum, U. (2020). Pengaruh Harga, Keanekaragaman Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee. Ekonomi Bisnis, 24(2), 13–23. https://doi.org/10.33592/jeb.v24i2.520

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi 7). Indeks.

Semarang, M., Hartono, S., & Yani, B. A. (2019). Pengaruh Harga, Keragaman Produk Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Index Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02), 533–540. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.481

Suratmiyati, & Anggoro, Y. (2020). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa. Management and Business Review, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.21067/mbr.v4i1.4629

Swasta, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Andi.

Tobing, F. M., & Sihombing, D. (2016). Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Carrefour Citra Garden Medan). Jurnal PLANS : Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 149–156. https://doi.org/10.24114/plans.v11i2.9610




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.11349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com