Pengaruh physical evidence, customer relation marketing dan selera terhadap keputusan konsumen pada vendor wedding

Zaidan Ibrahim, Muhammad Amin Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Physical Evidence, Customer Relation Marketing dan Selera terhadap Keputusan Konsumen pada Vendor Wedding di Balikpapan. Populasi dalam pelitian ini adalah customer dan calon customer vendor wedding di kota Balikpapan. Teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 112 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dengan Aplikasi IBM SPSS versi 21.Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Physical Evidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) Customer Relation Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Selera  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Physical evidence; customer relation marketing; selera; keputusan pembelian

References


Angelina, G., Gunawan, E., Angelina, G., Massie, J. D., Gunawan, E., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP DI ERA PANDEMI (STUDI PADA KONSUMEN THE BODY SHOP KOTA MANADO) THE INFLUENCE OF THE MARKETING MIX ON THE BODY SHOP PURCHASE DECISION IN THE PANDEMI ERA (STUDY ON CONSUMERS OF THE BODY SHOP IN MANADO CITY). 208 Jurnal EMBA, 10(1), 208–219.

Anissah Balqis Anggraini, & Saino. (2022). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) , 10(1), 1591–1599.

Audina Rade Margaretha Sirait, Riadi Budiman, & Ade Muazty Deka. (2020). PENGARUH FAKTOR HARGA, SELERA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI KAIN CORAK INSANG DI KOTA PONTIANAK.

Edah Jubaedah, & Efan Suprastiyo. (2022). TINJAUAN PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG DAN JASA. Fair Value, 5(1), 862–875.

Fahmi Rizky Nugraha, Deny Purnama, & Agam Patra. (2018). Dampak Customer Relationship Management Terhadap Penjualan. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), 2.

Gani, I., & Amalia, S. (2018). Alat Analisis Data Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial (P. Christian, Ed.; Revisi). Andi. https://doi.org/10.1055/s-2008-1040325

Jerry Imanuel Juliadi. (2018). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN SELERA KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI HANDPHONE MERK OPPO DI GRIYA MATAHARI SINGOSAREN SURAKARTA.

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, Thirteenth Edition. In Mc Graw Hill Education.

Mothersbaugh L. David, H. I. Del. (2016). Consumer Behavior BUILDING MARKETING STRATEGY. In Blackwell Handbook of Social Psychology: Intraindividual Processes (13th ed.). McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.1002/9780470998519.ch26

Nur Muchamad Iskandar huda, Siti Saroh, & Dadang Krisdianto. (2020). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MEMILIH TEMPAT WISATA.

Onny Setiawan, Elsa Serepina Simorangkir, & Astri Ayu Purwati. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk di PT Asaba Pekanbaru The Effect of Product Quality, Price And Relationship Marketing on Consumer Purchase Decisions at PT Asaba Pekanbaru. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 1, Issue 1). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Putu Megayanti, Naswan Suharsono, & Lulup Endah Tripalup. (2018). PENGARUH HARGA DAN SELERA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI DI ONLINE SHOP SISWA SMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA. Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 563–572.

Rifqi Aulawi, M., & Susilowati, D. (n.d.). JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) ~ 76 Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN JERUK KEPROK SELOREJO KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG. 5(2), 76–83. https://doi.org/10.33474/JU-ke

Sri Sundoro, Siti Saroh, & Dadang Krisdianto. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM LEGENDARIS (STUDI PADA KONSUMEN KEDAI ES KRIM ZANGRANDI ERA COVID-19 DI KOTA SURABAYA, JAWA TIMUR). In JIAGABI (Vol. 11, Issue 1).

Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian (28th ed.). Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran Perilaku Konsumen (1st ed.). CAPS. https://doi.org/(13) 978-602-9324-16-7

Susyanti, J., & Nurhidayah, ). (n.d.). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Relationship Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Era Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang) Rizki Azkia Am’ndah*).

Tinka Sabrilia, Rini Andari, & Taufik Abdullah. (2016). Pengaruh Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Happy Cow Palasari Bandung (Survey pada Konsumen Di Happy Cow Palasari Bandung) Physical Evidence Influence towards Consumers Purchasing Decision in Happy Cow Palasari Bandung" (Survey on Happy Cow Palasari Bandung Consumer).

Wazni Azwar, Riki Arnaidi, Dendi Irawan, Rozi Andrini, Ade Fahrullah, & Khoiruddin Nasution. (2021). LATAR BELAKANG LAHIRNYA UNDANG-UNDANG PERKAWINAN INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 1974 (UUP) (Vol. 21, Issue 1).

Widjaja, M. A., Komunikasi, I., Kristen, U., & Surabaya, P. (n.d.). Pengambilan Keputusan Konsumen Semarang dalam Memilih Vendor Pesta Pernikahan.

Wijaya, E., & Ariyani, P. M. (2018). Pengaruh Service Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional TBK Cabang A.Yani Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 283–296. https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.263

Wiradharma, G., Anam, K., & Ningrum, K. P. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Apartemen Pada Generasi Milenial 1. Jurnal Lugas, 70(2), 70–77. http://ojs.stiami.ac.id

Yogi Armin Saputra. (2018). ANALISIS PENGARUH HARGA, SELERA, SERTA BRAND PRESTIGE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN MOTOR HONDA SCOOPY Djawoto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.11333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com