Pengaruh perilaku pengguna dan nilai virtual item serta kepuasan terhadap intensi pembelian virtual item pada game online pubg mobile

Agus Supriono, Saida Zainurossalamia, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perilaku Pengguna, Nilai Virtual Item dan Kepuasan Game Terhadap Intensitas Pembelian. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitin ini adalah sebanyak 60 responden. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan: Perilaku Pengguna (X1) berpengaruh positif terhadap Intensitas Pembelian. Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Perilaku Pengguna maka Intensitas Pembelian akan semakin tinggi. Nilai Virtual Item (X2) Berpengaruh Positif Terhadap Intensitas Pembelian. Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Nilai Virtual Item maka Intensitas Pembelian akan semakin tinggi. Kepuasan Game (X3) Berpengaruh Positif Terhadap Intensitas Pembelian (Y)  maka Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi Kepuasan Game maka Intensitas Pembelian akan semakin tinggi.


Keywords


Perilaku pengguna; nilai virtual; kepuasan; intensitas pembelian; game

References


Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior. New York: Open University Press.

Adji, J. (2014). Pengaruh Statisfaction dan Trust Terhadap Minat Pembelian di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.1016/j.surfcoat.2007.04.013

Assael, Henry. (2001). Consumer Behavior. Edisi 6. New York: Thomson Learning.

Assael, Henry. (2002). Consumer Behavior and Marketing Action. Edisi 4. Boston: PWS-Kent Publishing Company.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Frederick, E., & Warouw, H. (2014). Analyzing the Consumer Purchasing Intention of Virtual Goods in Online Game. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1162–1172.

Handoko, H. (2015). MANAJEMEN (2nd ed.; H. Handoko, ed.). yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Ho, C. hsun, & Wu, T. yun. (2012). Factors Affecting Intent To Purchase Virtual. International Journal of Electronic Business, 10(3), 204–212. Retrieved fromhttp://www.jdesignagency.com/demo/deeteesood/wpcontent/uploads/2014/07/A04.pdf

Ho, P.-I. (Adam). (2014). The Computer Games Journal. The Value of Being Powerful or Beautiful in Games - How Game Design Affects the Value of Virtual Items, 3, 53–60.

Irawan, Handi, (2008). Membedah strategi kepuasan pelanggan. Cetakan pertama. Jakarta: Pradnya Paramitha, h. 45. Kelompok Gramedia.

Kaburuan, E. R., Chen, C. H., & Jeng, T. S. (2011). Identifying users behavior

purchasing virtual items. Proceedings of the International Conference on ElectronicBusiness(ICEB),250–256.http://doi.org/10.13140/2.1.3301.9849

Kotler, Philip. (2014). Manajemen pemasaran, pemasaran pendekatan praktis, Graha Ilmu, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (diterjemahkan oleh Bob Sabrana).(2016). manajemen pemsaran. Edisi 15. Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta Erlangga.

Li, P., Rao, S. dan Wu, J. (2008) Journal of Electronic Commerce Research, VOL 9, NO 3: Why They Enjoy Virtual Game Worlds? An Empirical Investigation.

Lin, H., & Sun, C. T. (2007). Cash trade within the magic circle: Free-to-play game challenges and massively multiplayer online game player responses. 3rd Digital Games Research Association International Conference: “Situated Playâ€, DiGRA 2007, 335–343.

Mowen, C. John dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta :Erlangga

Park, B. W., & Lee, K. C. (2011). Exploring the value of purchasing online game items. Computers in Human Behavior, 27(6), 2178–2185. https://doi.org/10-1016/j.chb.2011.06.013

Pujoalwanto, B. (2014). Perekonomian Indonesia:Tinjauan Historis, Teoritis, dan Empiris(1st ed.). Retrieved from http://pustakaaceh.perpusnas.go.id/detail-opac?id=49052

RRQ, I., 2020. 3 Developer Game yang Untung Besar di Tengah Pandemi. [online] detikinet. Available at: [Accessed 10 April 2020].

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta :Graha Ilmu.

Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2015). Consumer Behavior Consumer perception. In Perception. https://doi.org/10.1080/00913367.1979.10673276

Simamora, Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: SIEYKPN

Sheth, jagdish N., Newman, bruce I., & Gross, barbara L. (1992). Consumption Values and Market Choices: Theory and Applications. Journal of Marketing Research, 29(4), 487–489. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/240436339

Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen (N. Sallama, ed.). jakarta: Erlangga.

Suharno. (2017). Marketing In Practice (3rd ed.; Mukhransyah, ed.). Samarinda, Kalimantan Timur: KP Books (Kaltim Post Group).

Sunyoto, D. (2015). Perilaku konsumen dan pemasaran (1st ed.; T. Admojo, ed.). yogyakarta: PT Buku Seru.

Suryono, R. R., & Subriadi, A. P. (2016). Perilaku pemain game online terhadap pembelian virtual item. 5(5), 578–584.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Stanton,William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih bahasa oleh Buchhari Alma, jilid 1 edisi ke10. Jakarta: Erlangga

Tricahyadinata, I., Hendryadi, Suryani, Zainurossalamia ZA, S., & Riadi, S. S. (2020). Workplace incivility, work engagement, and turnover intentions: Multi-group analysis. Cogent Psychology, 7(1), 1743627.

Yudaruddin, Rizky, (2014). STATISTIK EKONOMI, aplikasi dengan program SPSS versi 20 (1st ed). Samarinda, kalimantan Timur : INTERPENA Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.11291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com