Pengaruh beauty vlogger, electronic word of mouth (e-wom), brand image terhadap keputusan pembelian produk

Sri Wahyuni, Asnawati Asnawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Beauty Vlogger, E-WOM dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan dikota Samarinda. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 responden. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan: Beauty vlogger berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. 

Keywords


Beauty vlogger; electronic word of mouth; brand image; keputusan pembelian

References


Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Merek dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik wardah. Journal of Management, 6(4), 1–14. diakses pada 15/3/2021.

Alicia, C., & Siagian, V. (2017). Pembelian Brand Image dan Karakteristik Produk Leneige Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mahasiswa UNPAR). 3–16. diakses pada 22/4/2021.

Amalia, D. W., & Zuliestiana, D. A. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth Media Sosial Youtube Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik New Wardah Exclusive Series. Jurnal Mitra Manajemen, 4(6), 871884. diakses pada 22/4/2021.

Anggraini, M., Fitriani, & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial. Jurnall Ekonomak, 6(3), 1–8. diakses pada 25/4/2021.

Apriyandani, H., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(2), 180–189. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id. diakses pada 28/4/2021.

Ariningsih, E. P., Rahmawati, F., & H.S, P. N. (2020). pengaruh Bintang iklan vs beauty vlogger pada keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(3), 91–104. diakses pada 28/4/2021.

Cahyono, F. D., Kusumawati, A., & Srikandi Kumadji. (2016). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk electronic Word of Mouth (eWOM)dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli( Survei pada Followers Akun Instagram @ saboten _ shokudo ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1). administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A148. diakses pada 3/5/2021.

Emsa, P. N. H., Ariningsih, E. P., & Rahmawati, F. (2018). Pengaruh beauty Vlogger Tasya Farasya di Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline. 1–12. diakses pada 6/5/2021.

Febriani, M., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Online Consumer Review Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014 / 2015 Dan 2015 / 2016 Yang Membeli Dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 1–9. diakses pada 10/5/2021.

Habibah, Hamdani, I., & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). 7(2), 233–261. diakses pada 15/12/2021.

Prastiwi, Y. N. (2018). Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Pembelian Kosmetik Sari Ayu dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. diakses pada 18/5/2021.

Sanjiwani, N. M. D., & Suasa, I. G. A. K. G. (2019). Peran brand Image dalam Memediasi Pengaruh kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6721–6740. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p17. diakses pada 8/11/2021.

Saputri, D. A., & Setyawati, H. A. (2020). Analisis Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Reference Group , Lifestyle dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy ( Studi pada Mahasiswi STIE Putra Bangsa Kebumen ). 2(5), 788–801. diakses pada 24/3/2021.

Zangeneh, S. K., & Mohammad kazemi, R. (2014). Investigating the effect of Electronic Word Of Mouth on customer’s purchase intention of digital products. 2433–2440. https://doi.org/10.5267/j.msl.2014.10.003. diakses pada 23/1/2021.

http://achmadsudirofebub.lecture.ub.ac.id/2012/02/modul-6-metodologi-penelitian-bisnis/




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.11225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com