Pengaruh pelatihan dan budaya pelayanan terhadap kinerja karyawan

Rizna Ketty Sassan Mangopo, Sukisno Selamet Riadi, Purwadi Purwadi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan dan Budaya Pelayanan terhadap kinerja karyawan di Hotel Swissbell Balikpapan, Responden dalam penelitian ini adalah  108 orang karyawan hotel yang bekerja di 12 bidang yang berbeda yang terdiri dari Front office, Food and baverage product, Food and baverage service, Accounting, Sales and Marketing, Housekeeping & cleaning, Human Resource, Engineering, Security, A & G, dan Bell boy dengan 71% laki-laki dan 29% Perempuan.  Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuisioner. Dalam menganalisis data menggunakan Evaluasi Outer Model, Evaluasi Inner Model dan Pengujian Hipotesis menggunakan pengolahan data PLS. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Composite Validity, Uji effect Size, Uji Stone Geisser dan Uji Goodnes of Fit. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan terhadap kinerja karyawan, terdapat pengaruh positif dan signifikan anata budaya pelayanan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Budaya pelayanan; pelatihan; kinerja karyawan

References


A Noe Raymond, Hollenbeck, R. Barry, G. Patrick, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta

Davis, R., & Gautam, N., (2011). Conceptualising service culture. Leading Applied Business

DeCenzo, D. A. Robbins, S. P. Verhulst, S. L. (2013). Fundamentals of Human Resource Management, 11th ed. New Jersey, John Wiley & Sons, Inc.m

Dessler, G. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia: buku 1. Jakarta: Indeks.

Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Gebauer, H., Edvardsson, B., Bjurko, M. (2010). "The impact of service orientation in corporate culture on business performance in manufacturing companies", Jurnal Manajemen Pelayanan, 21 (2), 237-259.

Grnroos, C. (2007). Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition edisi 3. John Wiley & Sons.

Hayes, D. K., & Ninemeier, J. D. (2016). Human Resources Management in the Hospitality Industry 2nd edition. United States of America: Wiley.

Knicki, A. dan Williams, B. K. (2011). Management: A practical Introduction 5 Edition. McGraw-Hill

Kumara, I. W. S. E., dan Utama, I. W. M. U. (2016). Implementasi Budaya Organisasi dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Hotel Satriya Cottages Kuta-Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 13991428.

Kurniawati, D. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor BPCB DIY. Skripsi Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung

Liden, R. C., Wayne, S. J., Liao, C., dan Meuser, J. D. (2014). Servant leadership and serving culture: Influence on individual and unit performance. Academy of Management Journal, 57(5), 14341452.

Mangkunegara, P., A., (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Marga, K. Y. (2016). Pengaruh Pelatihan, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pelayaran Tempuran Emas Surabaya. e-Jurnal Manajemen Kinerja, 2 (1).

Martinez, M., Smith B., Humphreys K. (2013). Creating a Service Culture in Higher Education Administration, Virginia: Stylus Publishing LLC.

Mathis dan Jackson. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Mondy, Wayne, R. (2010), Human Resource Management. Eleventh Edition. New Jersey: Prentice Hall

Robiansyah, (2017). Budaya Pelayanan: Konsep dan Pengukuran. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 19 (2).

Scheneider, B. dan Barbera, K. M. (2014). The Oxford Handbook of Organizational Climate and Culture. Oxfordshire: Oxford University Press.

Sulaefi. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. 5 (1). Yogyakarta.

Zohar, D. dan Tenne-Gazit, O. (2008) Transformational Leadership and Group Interaction as climate atecedents. Analisis Jaringan Sosial. 93. 744-757.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.11219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com