Analisis pengendalian persediaan suku cadang alat berat menggunakan metode economic order quantity (EOQ)

Syahrurramadhan Sidiq, Zainal Ilmi, Musdalifah Azis

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian persediaan suku cadang alat berat Berat menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) pada PT. United Tractor Tbk, Cabang Berau. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, data ini terdiri dari banyaknya akan permintaan pada 1 jenis suku cadang alat berat yang bersifat krusial pada alat berat, biaya pemesanan suku cadang alat berat, biaya simpan suku cadang alat berat dan waktu tunggu pemesanan pada PT. United Tractor Cabang Berau. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Economic Order Quantity dapat memberikan pengendalian persediaan yang optimal.


Keywords


Pengendalian persediaan; economic order quantity

References


Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi Dan Operasi (P. Rahardja (ed.); revisi 200). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Handoko, T. H. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi (1st ed.). BPFE-YOGYAKARTA.

Indriastiningsih, E., & Darmawan, S. (2019). Analisa Pengendalian Persediaan Sparepart Motor Honda Beat Fi dengan Metode EOQ Menggunakan Peramalan Penjualan Di Graha Karyaahass XY. Dinamika Teknik, 12(2), 24–43. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ft1/issue/view/408

Maesti Gani, I., & Eka saputri ST MBA., M. (2015). Analisis Peramalan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ Pada Optimalisasi Kayu DI Perusahaan Purezento. 2(2), 2029–2041.

Niarto, D., aplonia lau, E., & Heriyanto. (2016). Manajemen Persediaan Suku Cadang Alat Berat PT. United Tractors, Tbk Cabang Samarinda. Ekonomia, 5(3).

Sutarti, Sutriyono, & Gustopo, D. (2016). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi (Studi Kasus pada PT. Pancaran Mulia Sejati). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 2(2), 7–11.

Yamit, Z. (2011). Manajemen Produksi dan Operasi (Kelima). Ekonisia.

Heizer, J. and Render, B., 2005, Operations Manajemen, Edisi Ketujuh, Salemba

Empat, Jakarta.

Subagyo,.2002.†Forecasting dalam Dunia Manajemenâ€. Jakarta: Proyek pembinaan dan

Peningkatan Mutu dan Tenaga Dikti.

Yamit, Z., 2005, Manajemen Persediaan, Edisi Pertama, Ekonosia Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.11202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com