Pengaruh iklan televisi minuman the botol sosro terhadap pengambilan keputusan pembelian

Franziska Alexandria Ruslim, Suharno Suharno, Gusti Noorlitaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan telivisi minuman teh botol sosro terhadap pengambilan keputusan Pembelian Mahasiswa Universitas Mulawarman dan untuk mengetahui variabel mana dari variabel iklan televisi yang paling berpengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mulawarman di Samarinda. Pengambilan responden sebagai objek penelitian terkait pada mahasiswa Universitas Mulawarman dan karena menggunakan metode nonprobability sampling, maka penelitian ini mendapatkan 150 orang responden. Metode pengumpulan data dengan cara penelitian lapangan dengan membagikan kuisioner dan riset penelitian data. Teknik pengolahan data yang digunakan ialah pengolahan data dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 22 dan menggunakan sekala likers pada kuisioner. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, tidak semua variabel-variabel iklan televisi memiliki pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian teh botol Sosro. Hal ini dapat dilihat dari tingkat signifikan yang diatas dan dibawah 0,05, variabel perhatian dan tindakan masing masing 0,000 dan 0,000, sedangkan variabel ketertarikan dan minat masing 0,099 dan 0,051.


Keywords


Iklan telivisi; pengambilan keputusan pembelian

References


Aaker, 2008, Managemen Ekuitas Merek, alih bahasa Aris Ananda, Jkt Mitra Utama,

Angga Sulistiono, 2012, Analisis Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Jupiter MX (Effect Of Television Advertisement To Purchasing Decision).

Arifin Adyatma, 2012. Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Kota Makassar.

Assael Hendry, 2001, Consumer Behavior and Marketing Action. Fifth Edition.Cincinati, Ohaio: South-Western College Publishing.

Cannon, J. P., Perreault, W. D., McCarthy, E. Jerome., 2008. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Salemba Empat. Jakarta.

Chalifah Nur Febriana, Srikandi Kumadji, M. Kholid Mawardi. 2015.pengaruh iklan televisi terhadap kesadaran merek serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Pengguna Produk TRESemme).

Fitroh hana Shofian, 2015, Efektivitas Metode Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Dalam Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk PT. Djarum (Djarum Super)

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Semarang: Badan Penerbit Undip.

Kasali, Rhenald., 1992. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Gravity. Jakarta.

Kotler, Philip., Gary Amstrong, 1997. Dasar-Dasar Pemasaran: Principle of Marketing 7e. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., Gary Amstrong, 2001. Dasar-Dasar Pemasaran: Principle of Marketing 7e. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., Keller, K.L., 2008. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., Keller, K.L., 2009. ManajemenPemasaran. Erlangga. Jakarta.

Lee, M., Johnson, C., 2007.Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global.Kencana. Jakarta.

Nofita sari Weny. 2007. Pengaruh Iklan di Televisi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Produk Pond's Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

Purnamasari, Arnalia. 2007. Analisis Pengaruh Kegiatan Periklanan Melalui Media TV PT. Excelcomindo Pratama (XL) Terhadap Minat Beli Konsumen”, Jurnal UPN Veteran, Jakarta

Schiffman and Kanuk Lazar Leslie 2004, Consumer Behavior, Prentice hall International, INC.

Sekaran, Uma, 2006. Metodologi penelitian untuk bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Shimp, Terence A., 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, 5. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, IKAPI. Bandung.

Suharno, Sutarso, Yudi., 2015. Marketing In Practice: KP Books (Kaltim Pos Group). Samarinda.

Stefani Selfi, 2013. Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Berlabel “Wardah”.

Swastha Basu, Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Yogyakarta.

www.topbrand-award.com




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com