Pengaruh brand image dan perceived quality

Mukhamad Anas Fajrul Falah, Rahmawati Rahmawati, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pengguna smartphone Samsung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda, (2) pengaruh perceived quality terhadap keputusan pembelian pengguna smartphone Samsung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Universitas Bisnis Mulawarman Samarinda, dan (3) pengaruh brand image, dan persepsi kualitas keputusan pembelian pengguna smartphone Samsung pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi penelitian adalah siswa yang menggunakan produk smartphone Samsung. Sampling Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan 112 responden. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi t-test lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan; (2) persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji t signifikan lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan (3) citra merek dan persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji f signifikan lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditentukan.


Keywords


Citra merek; kualitas yang dirasakan; keputusan pembelian

References


Ackaradejruangsri, P. 2013. The Effect Of Product Quality Attributes On Thai Consumers' Buying Decision. Ritsumeikan Journal Of Asia Pasific Studies, 33, pp: 14-24.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Univeritas Diponegoro.

Harjati, Lily, dan Lusia Olivia Sabu G. 2014. Pengaruh Presepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop Di Kota Jakarta. Journal WIDYA Ekonomika, Vol. 1, No. 01, pp: 25-30

IDC, Research, Inc. “Smartphone OS Market Share, 2016 Q2”. http://www.idc.com/prodserv/smartphone-os-market-share.jsp. Diakses tanggal 2 Desember 2016.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12,Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L., 2012. Marketing Management. 14 ed. New Jersey: Prentice Hall.

Rhomadoni, Muhammad. 2015. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Sepatu Nike Pada Mahasiwa FIK UNY. Yogyakarta. Vol. 2, No. 01 : 1-7.

Robi, Mochamad dan Andjarwati, Anik Lestari. 2016. Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi KualitasTerhadap Keputusan Pembelian McDONALD’s Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. IV, No. 03 : 01-07

Schiffman, L. G. dan L. L. Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua PT. Index Group Gramedia. Jakarta.

Schiffman, L. G. dan L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen (Judul Asli: Consumers Behavior), Edisi Ketujuh, PT Indeks. Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung:Alfabeta.

Tarun, Pathak. “ Indonesia Smartphone Market Demand Recovers in Q2 2016”. http://www.counterpointresearch.com/press_release/indonesia2q16/. Diakses tanggal 2 Desember 2016.

Wikipedia “Samsung”. https://id.wikipedia.org/wiki/Samsung. Diakses tanggal 2 Desember 2016.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.1116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com