Pengaruh harga dan kualitas layanan menggunakan e-commerce terhadap keputusan pembelian

Rezi Monica, Suharno Suharno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh harga dan kualitas layanan berpengaruh pada keputusan pembelian oleh konsumen pengguna Lazada di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer, serta di ukur dengan skala likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 Responden Konsumen pengguna Lazada yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang di olah melalui program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di aplikasi Lazada dan variabel kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen pengguna aplikasi Lazada di Kota Samarinda.


Keywords


Pengaruh harga; kualitas layanan; keputusan pembelian

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Andi dan Wahana Komputer, Panduan Praktis Pemrograman Visual Basic 6.0 Tingkat Lanjut, Wahana Komputer, Semarang, 2002.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bulan, Lindung, Putri, Tengku. Fazria, Khairul. Rizal, Muhammad. 2017. Pengaruh Harga dan Bonus dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Dalam Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 6, No. 2.

Harahap, Ansari, Dedy. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan. Dalam Jurnal Keuangan dan Bisnis. Vol, 7. No, 3.

Hidayah, Mira. Pengaruh Kompensasi Dan Stress Serta Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Tabungan Negara tbk Cabang Samarinda.

________ dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. Jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta.

Laudon K. C., dan J. P. Laudon, 1998, Management Information System: Organization and Technology. (Penerjemah Pipin Widyaningsih, Mustafid

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung. Alfabeta

Musty, Dea. Khasanah, Imroatul. 2015. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600 ML Di Semarang dalam Diponegoro Journal of Management. Vol, No, 2. Halaman 1-11

Ningrum, Listia. Analisis Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Plaza Hotel Semarang.

Priansa, Juni, Donni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung. CV Pustaka Setia

Setianingrum, Ari. Udaya, Jusuf. Efendi. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta. Andi

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Wahyuningtias, Dianka. Putranto, Septyoari, Trias. Kusdiana, Nana, Raden. Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu Dan Tepung Gandum Utuh.

Wardhani, Widya. Sumarwan, Ujang. Yuliati, Noor, Lilik. 2015. Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Dalam Jurnal Manajemen dan Organisasi. Vol VI. No, 1.

Watung, Widiawati, Rosdian. Ilat, Ventje. 2016. Pengaruh Return on Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), Dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Dalam Jurnal EMBA. Vol, No, 2. Hal 518-529.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.11063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com