Analisis peramalan persediaan barang dagang dengan menggunakan simulasi monte carlo

Besse Raodhatul Jannah, Rio Haribowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peramalan persediaan barang dagang dengan menggunakan simulasi monte carlo pada toko Raodha. Toko Raodha merupakan usaha kelontong, dimana bidang usaha tersebut lazim ditemukan di Indonesia yang menawarkan produk sehari-hari, salah satunya rokok. Toko Raodha tidak memiliki sistem persediaan ataupun peramalan. Maka dari itu diperlukan peramalan persediaan sehingga pelaku usaha dapat mengendalikan persediaan agar dapat memiliki strategi untuk mengimbangi persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer berupa data penjualan rokok periode Januari-Desember 2020 dan data sekunder berupa jurnal dan buku. Penelitian ini menggunakan simulasi monte carlo dimana hasil simulasi tersebut akan digunakan untuk melakukan peramalan dengan menggunakan metode naïve, metode single moving average 4 minggu, 8 minggu dan 16 minggu. Setelah dilakukan akuransi peramalan menggunakan MAD, MSE, dan MAPE, hasil penelitian menunjukkan bahwa peramalan terbaik yaitu sistem tunggal single moving average 8 minggu sebesar 51,36%.


Keywords


Peramalan; persediaan; simulasi monte carlo; rokok

References


Banks, et al. (2005). Discrete-Event System Simulation, Fourth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Dedrizaldi, Masdupi, E dan Linda, M.R. (2019). Analisis Perencanaan Persediaan Air Mineral dengan Pendekatan Metode Monte Carlo pada PT. Agrimitra Utama Persada. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1, (1), 388–396.

Eunike, et al. (2018). Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan. Malang: Univeesiras Brawijaya Press.

Heizer, J dan Render, B (trans). (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan Edisi 11. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Jumadi. (2021). Manajemen Operasi. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Lahu, E.P dan Sumarauw, J.S.B. (2017). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Guna Meminimalkan Biaya Persediaan Pada Dunkin Donats Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5, (3), 4175–4184.

Nasution, K.N. (2016). Prediksi Penjualan Barang Pada Koperasi PT Perkebunan Silindik Dengan Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Riset Komputer, 3, (6), 65–69.

Sarjono, H dan Lestari, E. (2012). Perencanaan Persediaan Dengan Pendekatan Metode Monte Carlo. Forum Ilmiah, 9, (2), 142–152.

Utama, et al. (2019). Manajemen Operasi. Jakarta: Universitas of Muhammadiyah Jakarta Press.

Valle, M and Norvell, T. (2013). Using Monte Calo Simulation to Teach Students about Forecast Uncertainly. Business Education Innovation Journal, 5, (2), 35–41.

Wijaya, et al. (2020). Manajemen Operasi Produksi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Yudaruddin, R. (2019). Forecasting untuk Kegiatan Ekonomi dan Bisnis. Samarinda: RV Pustaka Horizon.

Yuniastari, N.L.A.K dan Wirawan, I.W.W. (2014). Peramalan Permintaan Produk Perak Menggunakan Metode Simple Moving Average Dan Exponential Smoothing. Jurnal Sistem dan Informatika, 9, (1), 97–106.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i2.10950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com