Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian produk kategori kecantikan

Rosita Rosita, Syarifah Hudayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Melalui Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Kategori Kecantikan di Aplikasi E-commerce Shopee. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Melalui Media Sosial, sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada pengguna Shopee di Kota Bontang yang terdiri dari 100 responden dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menguji Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Melalui Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian. Analisis data menggunakan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Melalui Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Kualitas produk; harga; promosi melalui media sosial; keputusan pembelian

References


Aristo, S. F. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.1

Denis McQuail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Pharmaceutical Quality by Design: A Practical Approach (seventh ed). Pearson Education Limited.

Heryanto. (2017). Pasar Kosmetik dan Media Sosial, Mesin Peningkat Popularitas. Klikanggaran.Com. https://klikanggaran.com/peristiwa/pasar-kosmetik-dan-media-sosial-mesin-peningkat-popularitas.html?Itemid=470

Kompasiana.com. (2020). Kecantikan Menjadi Gaya Hidup Sehingga Mendorong Industri Kosmetik di Indonesia. www.Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/syahansyah8187/5ed91b2d097f3670976c7173/kecantikan-menjadi-gaya-hidup-sehingga-mendorong-industri-kosmetik-di-indonesia

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management. In Soldering & Surface Mount Technology (14th ed., Vol. 13, Issue 3). Prentice Hall.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & Carl, M. (2001). Pemasaran (Pertama). Salemba Empat.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Saladin, D. (2008). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Linda Karya.

Surawiguna. (2010). Makalah E-commerce. Amikom.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Andi.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.10948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com