Pengaruh knowledge management, learning organization pada motivasi terhadap kinerja pegawai
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh knowledge management, learning organization pada motivasi terhadap kinerja pegawai UPTD PPRD BAPENDA wilayah Balikpapan. Data yang di ambil merupakan data primer, berupa penyebaran kuesioner yang diberikan kepada para pegawai. Kuesioner tersebut merupakan kuesioner tertututp. Populasi pada penelitian ini berjumlah 51 responden di mana terdapat 50 pegawai dan 1 pimpinan. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa (1) knowledge management berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi. (2) knowledge management berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. (3) learning organization berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi. (4) learning organization berdampak tidak signifikan terhadap kinerja (5) motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja.
Keywords
References
Abdillah,W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square(PLS). Yogyakarta : Andi Offset.
Agusty Ferdinand.(2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang : AGF BOOKS
Barry, Cushway. 2002. Human Resource Management. Jakarta. PT Elex Media Koumputindo.
Becerra-Fernandez.,I,Sabherwal,R.(2010). Knowledge Management System and Processes. New York: M.E. Sharpe
Bernadin dan Russel.2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Oleh Bambang Sukoco. Bandung: Armico
Darroch, J. (2013). Developing a measure of knowledge management behaviors and practices. Journal of Knowledge Management, 7(5), 41“54.
Dessler, Gary (2017), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Salemba Empat
Marsick, V., & Watkins, K. E. (2003). Demonstrating the value of a OrganizationalLearning Culture: The Dimensions of the Learning Organization. Advances in Developing Human Resources, 5(2),7.
Marlikan, M. (2011). Pengaruh Pembelajaran Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Syariah. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 1 No 1(April), 57“64.
Nambisan, S., & Baron, R. A. (2007). Interactions in virtual customer environments: Implications for product support and customer relationship management. Journal of Interactive Marketing, 21(2), 42–62.
Nonaka, I., & Peltokorpi, V. (2006). Objectivity and subjectivity in knowledge management: A review of 20 top articles. Knowledge and Process Management, 13(2), 73“82.
Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter 1999, Manajemen, Jakarta : Pearson Education Asia
Sarwono., & Narimawati, U . (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta : Andi Offset.
Schuett, P. (2015). The post-Nonaka Knowledge Management . The post-Nonaka Knowledge Management. January 2003.
Senge, P. M. (1990). Systems Archetypes. The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization.
Sugiyono (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Stephanus, S. (2012). Pengaruh Knowledge Management terhadap Performa Kinerja Organisasi: Studi Kasus pada PT Ericsson Indonesia. ComTech:
Jackson, robert l. mathi. and john h. (2001). manajemen sumber daya manusia (1st ed.). jakarta: salemba empat.
Yang, B., Watkins, K. E., & Marsick, V. J. (2003). The construct of the learning organization: Dimensions, measurement, and validation. Human Resource Development Quarterly, 15(1), 31“55.
DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.10945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com