Pengaruh e-commerce shopee melalui interface, content, dan technical terhadap keputusan pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Interface, Content, dan Technical terhadap Keputusan Pembelian Shopee oleh masyarakat Kota Bontang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Interface, Content, dan Technical, sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada pengguna Shopee di Kota Bontang yang terdiri dari 85 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menguji Pengaruh Interface, Content, dan Technical terhadap Keputusan Pembelian. Analisis data menggunakan program IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Interface dan Content berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Technical berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Keywords
References
Adeliasari, Ivana, V., & Thio, S. (2014). Electronic Word-of-Mouth (e-WOM) dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran dan Kafe Surabaya. Bisnis Manajemen, 2(2), 218–230.
Andhini, A. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen pada E-Commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7), 1–23. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1753/1763
Alma, Buchari, 2013, Marketing Management and Service Marketing, Alfabeta, Bandung.
Destari, F., Indraningrat, K., & Putri, M. N. N. (2020). Impact of Shopping Emotion Towards Impulse Buying in E-Commerce Platform. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 13(1), 47. https://doi.org/10.25105/jmpj.v13i1.6123
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Pharmaceutical Quality by Design: A Practical Approach (seventh ed). Pearson Education Limited.
Makmur, & Saprijal. (2015). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 41–56.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13. Terjemahan oleh Benyamin Molan. PT Indeks. Jakarta.
Kotler Dan Keller. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta; Erlangga.
Kotler, & Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.
Merwe, R. V. D. & Bekker, J. 2003. A Framework and Methodology for Evaluating E-Commerce Websites. Internet Research: Electronic Networking Applications and Policy, 13(5), pp. 330-341.
Nasution, S. L., & Limbonong, Christine Herawati Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Journal Ecobisma, 7(1), 43–53. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurjanah, S. F., Kurniati, R. R., & Zunaida, D. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Shopee (Studi Pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jiagabi, 8(3), 154–162.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Prenada Media, Edisi 1, Jakarta.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Stie Dharmaputra, 1(1), 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta.
Sungadji dan Sopiah, (2014). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV. Andi offset
Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan Pada E- Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi Offset.
Syam, S. (2019). Strategi Pemasaran Produk TJ Ice Cream dalam meningkatkan penjualan pada CV Arafah Jaya Abadi. Jurnal Ekonomika, 3(2), 25–33. http://journal.lldikti9.id/Ekonomika/article/view/253
Widayati, K. D. (2018). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih, Bekasi. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 209–2016. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64–69. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6
DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.10894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com