Pengaruh lokasi dan harga serta kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian

Adinda Nurhidayatun Nisha, Suharno Suharno

Abstract


Perkembangan ekonomi dan peningkatan kebutuhan masyarakat mendorong pertumbuhan bisnis retail modern, salah satunya adalah minimarket atau pasar swalayan yang banyak dijumpai pada kota-kota besar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada Eramart Bung Tomo Samarinda Seberang. Populasi dalam  penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Jalan Bung Tomo, Samarinda Seberang dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan incidental sampling.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer melalui kuesioner penelitian dan data sekunder berupa buku, jurnal, artikel dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang dibantu oleh program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) untuk mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi, harga dan kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Eramart Bung Tomo. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya bagi perusahaan untuk mempertahankan beberapa aspek mengenai lokasi, harga dan kelengkapan produk yang dinilai sudah cukup baik menurut konsumen. Selain itu, perusahaan juga sebaiknya dapat memperbaiki sebagian aspek yang dinilasi masih kurang baik agar dapat meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja disana.


Keywords


Lokasi; harga; kelengkapan produk; keputusan pembelian

References


Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. In BP Universitas Diponegoro. BP Universitas Diponegoro.

Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Korowa, Enos, Sontje Sumayku, dan S. A. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6 (3), 27–34.

Kotler, P. & G. A. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition. Pearson.

Kotler, P. dan K. L. K. (2012). Marketing Management 14th Edition. https://doi.org/10.1017/cbo9781139174749.022

Purwantoro. (2019). Pengaruh Pemilihan Tata Letak Produk, Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Grace Mart Bangun Jaya. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30606/hirarki.v1i2.189

Rahayu, E. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.

Safa’atillah, N. (2019). Pengaruh Faktor Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Citra Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di Basmallah Market Karanggeneng. Journal Of Shariah Economic Research, 3(1), 83–93.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik. Prenadamedia Group.

Taroreh, Febriano Clinton Polla, Lisbeth Mananeke, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224

Yuni. (2020). Pengaruh Lokasi dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Trend Mode Berkah Murah Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.10872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com