Pengaruh content creation, e-retail service quality terhadap keputusan pembelian dengan variabel intervening niat beli

Authors

  • Fajar Lutfi Nursandy Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.10865

Keywords:

Retail store, social media content creation, e-retail service quality, niat beli

Abstract

Retail modern memilih menggunakan social media marketing sebagai media berinteraksi dan berkomunikasi, selain itu social media juga digunakan sebagai media dalam melakukan promosi pada retail store. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menjelaskan pengaruh social media content creation, dan e-retail service quality terhadap keputusan pembelian melalui social media instagram dengan niat beli sebagai variabel Intervening pada Bobo Tododo di kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yaitu konsumen retail store Bobo Tododo di kota Samarinda, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden, data dikumpulkan dengan alat pengumpulan data kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan uji koefisien outer model, inner model dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan content creation berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, e-retail service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, niat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, content creation berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi oleh niat beli, e-retail service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi oleh niat beli.

References

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/survei

CEIC. (2021). Indonesia Pertumbuhan Penjualan Ritel. CIEC. https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth

Hair Jr, J., Hult, G. T., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) - Joseph F. Hair, Jr., G. Tomas M. Hult, Christian Ringle, Marko Sarstedt. In Sage.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Mekari. (2021). Tantangan Besar yang Dihadapi Industri Retail Saat Ini. PT Mid Solusi Nusantara. https://www.jurnal.id/id/blog/tantangan-besar-yang-dihadapi-industri-retail-saat-ini/

Pratama, A. M. (n.d.) (2021). Industri Ritel terpuruk selama pandemi corona. PT KOMPAS Cyber Media. Retrieved April 7, 2021, from https://money.kompas.com/read/2020/04/28/171854926/industri-ritel-terpuruk-selama-pandemi-corona

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. ALFABETA, CV.

Tjiptono, F. (2019). STRATEGI PEMASARAN : Prinsip dan penerapan (A. Diana (ed.)). CV. Andi Offset.

Umit Kucuk, S., & Krishnamurthy, S. (2007). An analysis of consumer power on the Internet. Technovation, 27(1–2), 47–56. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2006.05.002

Published

2022-11-11

Issue

Section

Articles