Pengaruh content creation, e-retail service quality terhadap keputusan pembelian dengan variabel intervening niat beli

Fajar Lutfi Nursandy, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Retail modern memilih menggunakan social media marketing sebagai media berinteraksi dan berkomunikasi, selain itu social media juga digunakan sebagai media dalam melakukan promosi pada retail store. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menjelaskan pengaruh social media content creation, dan e-retail service quality terhadap keputusan pembelian melalui social media instagram dengan niat beli sebagai variabel Intervening pada Bobo Tododo di kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yaitu konsumen retail store Bobo Tododo di kota Samarinda, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden, data dikumpulkan dengan alat pengumpulan data kuesioner. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan uji koefisien outer model, inner model dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan content creation berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, e-retail service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, niat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, content creation berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi oleh niat beli, e-retail service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan dimediasi oleh niat beli.


Keywords


Retail store; social media content creation; e-retail service quality; niat beli

References


APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/survei

CEIC. (2021). Indonesia Pertumbuhan Penjualan Ritel. CIEC. https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth

Hair Jr, J., Hult, G. T., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) - Joseph F. Hair, Jr., G. Tomas M. Hult, Christian Ringle, Marko Sarstedt. In Sage.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Mekari. (2021). Tantangan Besar yang Dihadapi Industri Retail Saat Ini. PT Mid Solusi Nusantara. https://www.jurnal.id/id/blog/tantangan-besar-yang-dihadapi-industri-retail-saat-ini/

Pratama, A. M. (n.d.) (2021). Industri Ritel terpuruk selama pandemi corona. PT KOMPAS Cyber Media. Retrieved April 7, 2021, from https://money.kompas.com/read/2020/04/28/171854926/industri-ritel-terpuruk-selama-pandemi-corona

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. ALFABETA, CV.

Tjiptono, F. (2019). STRATEGI PEMASARAN : Prinsip dan penerapan (A. Diana (ed.)). CV. Andi Offset.

Umit Kucuk, S., & Krishnamurthy, S. (2007). An analysis of consumer power on the Internet. Technovation, 27(1–2), 47–56. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2006.05.002




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.10865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com