Pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar serta harga terhadap keunggulan bersaing

Bima Fatra Sila Akbar, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing pada Kedai Doffy Coffee di kota Samarinda. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Harga. Variabel dependennya adalah Keunggulan Bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kedai Doffy Coffee di area Kedai Doffy Coffee yang telah melakukan pembelian produk Kedai Doffy Coffee lebih dari sekali, dengan menggunakan sampel 140 responden. Teknik analisis data yang digunakan regresi penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan metode survey yaitu dengan menyebar kuesioner secara langsung maupun online kepada konsumen Kedai Doffy Coffee di kota Samarinda. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan perhitungan menggunakan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Hubungan Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing (2) Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing (3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing.


Keywords


Inovasi produk; orientasi pasar; harga; keunggulan bersaing

References


Buchari, Alma. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. BANDUNG: Penerbit ALFABETA.

Barney, J.B. (2010). Gaining and Suistaining Competitive Advantage, Fourth Edition. Addison Wesley, Massachusetts.

Bharadwaj, Sundar G., John Fahy, and P. Rajan Varadarajan. ( 2015). “Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Modelâ€

Cravens, D.W., & Piercy, N.F. (2013). Strategic Marketing. Singapore: McGraw-Hill Companies.

Ferdinand, Augusty Tae. (2014). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS.

Hubeis, dkk. 2012. Komunikasi Profesional Perangkat Pengembangan Diri. Bogor: IPB Press.

Kasmir, Kewirausahaan, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 2013.

Kohli ,A. K., & Jaworski, B. J., 1990. “Market Orientation : The Construct, Research Proposition, and Managerial Implicationâ€, Journal of Marketing.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. (2003). Prinsip-prinsip Pemasaran. (Damos Sihombing: terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Narver, J.C., & Slater, S.F. (1990). “The Effect of Market Orietation on Product Innovationâ€. Journal of Marketing.

Nasution,M.N. 2005. Total Quality Management. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Noviani, Lona. (2020), “Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Stud Kasus Pada Kerajnan Tikar Eceng Gondok Liar).â€

Porter, Michael E. 1998. Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta : Binarupa Aksara.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Research




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.10822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com