Pengaruh atribut produk dan persepsi harga serta kualitas layanan terhadap keputusan pembelian

Maharani Salmah, Alexander Sampeliling

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut produk dan persepsi harga serta kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada Kako Thai Tea cabang Samarinda seberang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Kako Thai Tea cabang Samarinda seberang dengan kriteria masyarakat yang berdomisili di Samarinda, berusia di atas 15 tahun, dan melakukan pembelian minimal sekali. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan software PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atribut produk (X1), persepsi harga (X2), dan kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) baik secara parsial maupun simultan.


Keywords


Atribut produk; persepsi harga; kualitas layanan; keputusan pembelian

References


Akpoyomare, O. Ben, Adeosun, L. P. K., & Ganiyu, R. A. (2013). The Influence of Product Attributes on Consumer Purchase Decision in the Nigerian Food and Beverages Industry: A Study of Lagos Metropolis. American Journal of Business and Management, 2(1), 196. https://doi.org/10.11634/216796061706211

Bnu, N., Hastuti, H., Amin, M., Nursaban, S., Abdul, R., Yusuf, R., & Nur, N. (2018). Effect Of Brand Image And Price Perception On Purchase Decision. Journal of Business and Management, 20(8), 76–81. https://doi.org/10.9790/487X-2008027681

Chendradewi, R., & Khasanah, I. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Waroeng Steak & Shake Semarang Cabang Kelud). Diponegoro Journal of Management, 5(4), 1–12.

Fatimah, A. A., & Soedarmadi. (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Susu NaturSoya CV. Global Mandiri Sejahtera KanCa Purwodadi). Majalah Ilmiah Solusi, 18(1), 133–150.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.

Firdausy, C. M., & Idawati, R. (2017). Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers’ Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. International Journal of Management Science and Business Administration, 3(2), 42–49. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.32.1004

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program smartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. ., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (1998). Multivariate Data analysis. Prentice-Hall, inc.

Harjati, L., & Yurike, V. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(2338–7807), 64–74.

Harsanto, L. fazari, & Hidayat, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Pada UKM Martabak Mas Ipung Di Perumahan Plamongan Indah Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 340–351.

Ichwan, C. (2012). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–19.

Ikhwanuddin, M., Isnani, G., & Kusumajanto, D. D. (2013). Pengaruh Persepsi Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Rokok Merek Gudang Garam Surya Professional Mild (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2011/2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Journal Economics, 439(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.bbrc.2013.08.050

Kotler, P. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen. Prenhalindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1). Erlangga.

Manengal, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Esa Genangku (ESACOM) Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 1254–1264.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2008). Conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research. Journal of Marketing, 49, 41–50.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1), 55–79. https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.870

Pramulanto, H. (2018). Pengaruh Atribut Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Electroplating Part di PT. Mitrametal Perkasa). Jurnal Lentera Bisnis, 7(1), 46–55.

Samosir, C. B. H., & Prayoga, A. B. (2015). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 1–12.

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. PT Gramedia Pustaka Umum.

Soenawan, A. D., & Malonda, E. S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D ’ Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Manajemen, 1(1), 395–409.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi ke-2). Andi.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.10758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com