Pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepuasan terhadap kinerja karyawan pada pt. borneo fortune construction di bontang

Sri Wahyuni, Irsan Tricahyadinata, Dirga Lestari AS

Abstract


Sri Wahyuni, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Borneo Fortune Construction Di Bontang. Dibawah bimbingan Dr. Irsan Tricahyadinata, SE.,M.Si selaku Dosen Pembimbing 1 dan Ibu Dr. Dirga Lestari AS, SE., MM selaku Dosen Pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kepemimpinan transformasional dan Kepuasan terhadap kinerja karyawan PT. Borneo Fortune Construction di Bontang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan sementara variabel terikat adalah kinerja karyawan.  Penelitian ini dilakukan pada PT. Borneo Fortune Construction yang terdiri dari 77 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Teknik Sampling Jenuh karena semua anggota populasi dilibatkan sebagai sampel. Penelitian ini bersifat kuantitatif  Pengumpulan data dengan kuesioner dengan menguji kepemimpinan transformasional dan kepuasan Sementara variabel terikat adalah kinerja karyawan, Analisis data menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimipinan Transformasional bengaruh Signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Kepemimpinan transformasional; kepuasan; kinerja karyawan

References


Andy Pradana, Martha. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan: studi kasus pada karyawan tetap PT. Mustika Bahana Jaya. Lumajang: Universitas Brawijaya.

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta Utama.

Dubrin, Andrew J. 2005. Leadership (Terjemahan). Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Pene;itian untuk Penuisan Skripsi (5th ed.). niversitas Diponegoro.

Hasibuan, Melayu SP, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi : Bumi Aksara

A. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Pene;itian untuk Penuisan Skripsi, 5 ed. Diponegoro: niversitas Diponegoro, 2014.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, 9 ed. Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.

F. R. K. Husada, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan transformasional dan Transaksional terhadap kinerja karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada karyawan PT. Tunas Subur Utama Pacitan†Αγαη, vol. 8, no. 5, hal. 55, 2019, Skripsi.

Prawirosentono, Suryadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

P. Studi, B. Dan, J. I. Pendidikan, F. Keguruan, D. A. N. Ilmu, and U. S. Dharma, “Kampus Iii Universitas Sanata Dharma Kampus Iii Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Tahun 2015,†2015.

Rivai, Vethzal & Basri. 2005. Peformance Appraisal: Sistem yang tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, S.P, 2006, Perilaku Organisasi, Edisi 10, PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (2nd ed.). CV. Alfabeta

Triantoro, Safaria. 2004. Kepemimpinan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yukl, Gary. 2010. Kepemimpinan dalam Organiasasi. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.10593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com