Pengaruh trust, ease of use dan information quality terhadap keputusan pembelian secara online pada social media instagram di samarinda

Riyo Dewa Nugraha, Pamasang S. Siburian, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan apakah Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan apakah Information Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Trust, Ease of Use dan Information Quality. Sementara variabel terikat adalah Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di Ayuha PomadeShop Samarinda, dengan menggunakan sampel sebanyak 57 konsumen yang memenuhi kriteria. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan kuesioner dengan menguji Trust, Ease of Use dan Information Quality secara parsial. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan dan Information Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Keywords


Trust; ease of use; information quality; keputusan pembelian

References


Adi, Nugroho (April 2006) E-Commerce memahami perdagangan modern di dunia maya, Bandung.

Akdon & Riduwan, 2010 Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika, Cet 2, Alfabeta.

Amir, Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran, Jelajahi dan Rasakan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Antarwiyati, P., Agus, L.N., dan Hadri, K., 2010, “Determinan Electronic Loyalty (e-Loyalty) Pada Website”, Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 14.

Arief Wibowo, 2006, Kajian tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran, Konsep dan Strategi, Cetakan Ketujuh, Rajawali Press. Jakarta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ba, S., & Pavlou, P. A. (2002). Evidence of The Effect of Trust Buliding Technology in Electronic Marrket: Price Premiums & Buyer Behavior. MIS Quarterly. 26(3), 243-268.

Basu Swastha dan Irawan, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, FE UGM: Yogyakarta.

Bly, Robert. 2006. Direct Marketing (Diterjemahkan Oleh Sugeng Haryanto dan Arif Subiyanto), Prenada. Jakarta

Bradley, Frank. 2004 Strategic Marketing In The Customer Driven Organization, University College Dublin, England

Adi, Nugroho (April 2006) E-Commerce memahami perdagangan modern di dunia maya, Bandung.

Akdon & Riduwan, 2010 Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika, Cet 2, Alfabeta.

Amir, Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran, Jelajahi dan Rasakan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Antarwiyati, P., Agus, L.N., dan Hadri, K., 2010, “Determinan Electronic Loyalty (e-Loyalty) Pada Website”, Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 14.

Arief Wibowo, 2006, Kajian tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran, Konsep dan Strategi, Cetakan Ketujuh, Rajawali Press. Jakarta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ba, S., & Pavlou, P. A. (2002). Evidence of The Effect of Trust Buliding Technology in Electronic Marrket: Price Premiums & Buyer Behavior. MIS Quarterly. 26(3), 243-268.

Basu Swastha dan Irawan, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, FE UGM: Yogyakarta.

Bly, Robert. 2006. Direct Marketing (Diterjemahkan Oleh Sugeng Haryanto dan Arif Subiyanto), Prenada. Jakarta

Bradley, Frank. 2004 Strategic Marketing In The Customer Driven Organization, University College Dublin, England

Cannon, Joseph P. 2008, Basic Marketing, Edisi Ke Enam Belas, Salemba Empat, Jakarta

Duwi, Priyanto. 2009. Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. ANDI, Yogyakarta

Eko, Richardus. 2004. Konsep dan Aplikasi Electronic Business. Penerbit Andi, Yogyakarta

Fang Chen-Ling dan Lie Ting. 2006. Assessment of Internet Marketing and Competitive Strategies for Leisure Farming Industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business. ISSN 15401200, Volume 8 Issue 2, p. 296-300. Cambridge.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dan Program SPSS. Cetakan Keempat, Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Gondodiyoto, Idris, 2003. Audit Sistem Informasi Pendekatan Konsep. PT. Media Global Edukasi. Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, edisi revisi, Bumi Aksara Jakarta

Hartono, Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

King, David, Dennis, Viehland and Jae Lee. 2006. Electronic commerce, Pearcon Education, United States of America

Kotler,Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar – dasar Pemasaran (Diterjemahkan oleh Alih Bahasa Tim Markplus), PT. INDEKS. Jakarta

_______________ 2006. Marketing Management, Twelfth Edition, Pearson International Edition, United States of America

________________. 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Alih Bahasa Hendra Teguh dan Rony A Benyamin Molan, Jilid 2, Prenhalindo, Jakarta.

________________. 2007, Dasar-dasar pemasaran Edisi Kesembilan Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.

________________. 2008, Prinsip - prinsip pemasaran Edisi Dua Belas Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

________________. 2009, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

________________. 2010, Principles of Marketing (edisi 13), Pearson, United States of America.

Hendra Teguh, dan Rony A Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Alih Bahasa, Jilid 2, Prenhalindo, Jakarta.

Mowen, Jhon dan Mochael Minor. 2006. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta

M. Suyanto, 2003, Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi Yogyakarta.

M. Suyanto, Marketing Strategi Top Brand Indonesia, Yogyakarta:CV. Andi Offset, 2007

Park, C.H dan Kim, Y.G. 2003 Identifying Key Factors Affecting Consumer Purchase Behaviour In An Online shopping Context 31 (1) Januari: 16-29

Pikkrainen, Tero. 2004. Consumer Acceptance Of Online Banking: An Extension Of The Technology Acceptance Model, 14 Maret : 224-235.

Pindyck, Robert S. dan Rubinfeld, Daniel L. 2007. Mikro ekonomi Edisi 6 Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2004. Riset Pemasaran, Cetakan Keenam. PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

____________ 2005, Marketing Analysis Made Easy, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

____________ 2007. Riset Pemasaran, Cetak Kedelapan, Jakarta

____________ 2009, Marketing Analysis Made Easy, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Riduwan. 2010, Dasar-dasar statistic, cetak ke delapan Alfabeta, Bandung.

Roppolo, L.P., Davis, D., Kelly, S.P., Rosen, P., 2007. Airway management. In: Kene, M., Davis, D., ed. Emergency Medicine Handbook Critical Concept for Clinical Practice. Philadelphia: Elseiver.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran Falsafah, Teori dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Suharno, & Yudi Sutarso. 2009, Marketing In Practice, CV. Sary Cards

Samarinda.

Sugiyono, 2004. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2010. Statistik Untuk Penelitian, cetak ketujuh belas. Alfabet. Bandung.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Yousafzai, S.Y., Pallister, J.G. dan Foxall, G.R. (2003), A proposed model of e-trust for electronic banking, Technovation, Vol. 23, No. 11, hal. 847-860.

Yousafzai, S. Y., Foxall, G. R., & Pallister, J. G. (2007). Technology acceptance: A meta-analysis of the TAM: Part 1. Journal of Model- ling in Management, 2, 251-280

Cannon, Joseph P. 2008, Basic Marketing, Edisi Ke Enam Belas, Salemba Empat, Jakarta

Duwi, Priyanto. 2009. Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. ANDI, Yogyakarta

Eko, Richardus. 2004. Konsep dan Aplikasi Electronic Business. Penerbit Andi, Yogyakarta

Fang Chen-Ling dan Lie Ting. 2006. Assessment of Internet Marketing and Competitive Strategies for Leisure Farming Industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business. ISSN 15401200, Volume 8 Issue 2, p. 296-300. Cambridge.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dan Program SPSS. Cetakan Keempat, Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Gondodiyoto, Idris, 2003. Audit Sistem Informasi Pendekatan Konsep. PT. Media Global Edukasi. Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2008, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, edisi revisi, Bumi Aksara Jakarta

Hartono, Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

King, David, Dennis, Viehland and Jae Lee. 2006. Electronic commerce, Pearcon Education, United States of America

Kotler,Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar – dasar Pemasaran (Diterjemahkan oleh Alih Bahasa Tim Markplus), PT. INDEKS. Jakarta

_______________ 2006. Marketing Management, Twelfth Edition, Pearson International Edition, United States of America

________________. 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Alih Bahasa Hendra Teguh dan Rony A Benyamin Molan, Jilid 2, Prenhalindo, Jakarta.

________________. 2007, Dasar-dasar pemasaran Edisi Kesembilan Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.

________________. 2008, Prinsip - prinsip pemasaran Edisi Dua Belas Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

________________. 2009, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

________________. 2010, Principles of Marketing (edisi 13), Pearson, United States of America.

Hendra Teguh, dan Rony A Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Alih Bahasa, Jilid 2, Prenhalindo, Jakarta.

Mowen, Jhon dan Mochael Minor. 2006. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta

M. Suyanto, 2003, Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi Yogyakarta.

M. Suyanto, Marketing Strategi Top Brand Indonesia, Yogyakarta:CV. Andi Offset, 2007

Park, C.H dan Kim, Y.G. 2003 Identifying Key Factors Affecting Consumer Purchase Behaviour In An Online shopping Context 31 (1) Januari: 16-29

Pikkrainen, Tero. 2004. Consumer Acceptance Of Online Banking: An Extension Of The Technology Acceptance Model, 14 Maret : 224-235.

Pindyck, Robert S. dan Rubinfeld, Daniel L. 2007. Mikro ekonomi Edisi 6 Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2004. Riset Pemasaran, Cetakan Keenam. PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

____________ 2005, Marketing Analysis Made Easy, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

____________ 2007. Riset Pemasaran, Cetak Kedelapan, Jakarta

____________ 2009, Marketing Analysis Made Easy, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Riduwan. 2010, Dasar-dasar statistic, cetak ke delapan Alfabeta, Bandung.

Roppolo, L.P., Davis, D., Kelly, S.P., Rosen, P., 2007. Airway management. In: Kene, M., Davis, D., ed. Emergency Medicine Handbook Critical Concept for Clinical Practice. Philadelphia: Elseiver.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran Falsafah, Teori dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Suharno, & Yudi Sutarso. 2009, Marketing In Practice, CV. Sary Cards

Samarinda.

Sugiyono, 2004. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2010. Statistik Untuk Penelitian, cetak ketujuh belas. Alfabet. Bandung.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Yousafzai, S.Y., Pallister, J.G. dan Foxall, G.R. (2003), A proposed model of e-trust for electronic banking, Technovation, Vol. 23, No. 11, hal. 847-860.

Yousafzai, S. Y., Foxall, G. R., & Pallister, J. G. (2007). Technology acceptance: A meta-analysis of the TAM: Part 1. Journal of Model- ling in Management, 2, 251-280




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.1057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com