Analisis kualitas bimbingan belajar menggunakan metode servqual dan importance performance analysis

Aghisna Nabhilla, Justina Ade Judiarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Unit Operasi Ganesha Antasari. Samarinda. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. sampel penelitian ini adalah siswa SMA kelas 12 yang belajar di Ganesha Operation Tuition Class Unit Antasari. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan metode servqual (service quality method), indeks kepuasan dan analisis kinerja kepentingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa Operasi Ganesha khususnya dalam kepuasan terhadap metode pembelajaran yang diberikan sudah sesuai dengan harapan. Namun, untuk fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran belum terpenuhi, oleh karena itu para siswa merasa tidak nyaman selama sesi pembelajaran.


Keywords


Kelas kuliah; kualitas layanan; kepuasan; analisis kinerja pentingnya

References


Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan. BPFE.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrawati, A. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Lembaga Pendidikan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Maret, 2535.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (3rd ed.). Alfabeta.

Supranto, J. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy; Chandra, G. (2011). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 3. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa (Pertama). Bayu Media Publishing.

Winarno, H., & Absor, T. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Pt. Media Purna Engineering. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(2), 146160. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i2.15

Yamit, Z. (2001). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Ekonesia.

Yola, M., & Budianto, D. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(1), 301.

https://doi.org/10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013

Yudaruddin, R. (2014). Statistik Ekonomi; Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Interpena.

Yusuf, S.; Nurihsan, J. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Zeithmal, V.; Bitner, M. J. (2003). Service Marketing. In Service Marketing (3rd ed.). Tata McGraw Hill. https://doi.org/10.4135/9781446263426




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.10469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com