Pengaruh fitur layanan pelengkap dan garansi terhadap keputusan pembelian smartphone

Mega Mega, Syarifah Hudayah, M. Amin Kadafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor - faktor yang berpengaruh bagi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Variabel independen adalah fitur (X1), layanan pelengkap (X2), dan garansi (X3) dan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Objek yang diteliti adalah menggunakan merek smartphone "ASUS" pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Sampel berjumlah 60 responden diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa fitur, layanan pelengkap dan garansi serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian merek ASUS "ASUS" pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. Fitur, layanan pelengkap dan garansi secara parsial berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian merek ASUS "ASUS" pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda.

Keywords


Fitur layanan pelengkap; keputusan pembelian garansi

References


Bai, J. dan Pham, H, 2006. Cost Analysis on Renewable Full-Service Warranties for Multi-Component Systems, European Journal of Operational Research, 168, hal. 492-508.

Irawan, Roni. 2013. Pengaruh Desain, Fitur dan Pelayanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Studi Kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus. Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus: Kudus.

Isliko, Thom W. A dan Rahayu, Minarti. 2008. Mediasi Keputusan Pembelian pada Pengaruh Faktor Situasional dan Faktor Produk terhadap Keputusan Konsumen Supermarket di Kota Lampung. Jurnal Aplikasi Manajemen, 8(2): pp: 11-15

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2007. Dasar-dasar Pemasaran, Cetakan kedua. Edisi Kesembilan. PT. Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.

Medan, Brilyan Miraja. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pengguna Handphone Merek Samsung di Gloria Cell Sragen. Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Universitas Muhammadiyah: Surakarta.

Sufyan, Moh. 2013. Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Ponsel BlackBerry pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik. Thesis pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik: Malang.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, CV Andi Offset. Yogyakarta.

https://techno.okezone.com/read/2015/09/19/57/1217340/2015-pengguna-smartp hone- di-indonesia-capai-55-juta, diakses pada tanggal 11 November 2015.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i3.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com