Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan hasil lebih mendalam tentang Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian Breadlife Bakery, lalu tentang Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian Breadlife Bakery dan untuk menguji Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian Breadlife Bakery yang dilakukan secara langsung kepada konsumen Breadlife di Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal karena menganalisis hubungan sebab akibat, yaitu variabel bebas (X) mempengaruhi variabel terikat (Y). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan tehnik sampling Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan pendapat Roscoe, di mana ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah antara 30 sampai dengan 100 sampel. Hasil penelitian diantara keempat indikator dari variabel harga (X2) yaitu indikator nilai produk yang bersaing, kesesuaian nilai produk dengan harga yang ditawarkan PT. Breadlife Bakery bermanfaat bagi konsumen mendapatkan indeks yang paling besar yakni 44,6. Hal ini menunjukkan sebagian besar responden menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa PT. Breadlife Bakery memiliki harga dengan produk yang disediakan PT. Breadlife Bakery bermanfaat bagi konsumen dari segi indikator nilai sosial yang dirasakan responden. Hal ini menunjukkan sebagian besar responden menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa PT. Breadlife Bakery memiliki harga dengan produk yang disediakan PT. Breadlife Bakery bermanfaat bagi konsumen dari segi indikator nilai sosial yang dirasakan responden. Hasil uji F memperlihatkan bahwa pengaruh secara bersamaan dari seluruh variabel independen (kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan) terhadap kepuasan konsumen pada PT. Breadlife Bakery menunjukkan hasil yang signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dari besarnya nilai F-hitung sebesar 12,314 dengan tingkat signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05).
Keywords
References
Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM. YKPN
Adkon, Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Basu Swastha dan Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta: Liberty Offset
Buchari Alma, 2007, Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta,. Bandung
Danang Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, K.2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1 & 2, dialih bahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.
Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta
Tony Wijaya, 2011, Manajemen Kualitas Jasa, Cetakan ke-1, Kembangan-Jakarta. Barat: PT. Indeks
DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.10289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com