Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

Rahmat Hidayat, Herning Indriastuti, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk memperoleh informasi dan hasil lebih mendalam tentang  Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian Breadlife Bakery, lalu tentang Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian Breadlife Bakery dan untuk menguji Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian Breadlife Bakery yang dilakukan secara langsung kepada konsumen Breadlife di Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal karena menganalisis hubungan sebab akibat, yaitu variabel bebas (X) mempengaruhi variabel terikat (Y). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan tehnik sampling Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan pendapat Roscoe, di mana ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah antara 30 sampai dengan 100 sampel. Hasil penelitian diantara keempat indikator dari variabel harga (X2) yaitu indikator nilai produk yang bersaing, kesesuaian nilai produk dengan harga yang ditawarkan PT. Breadlife Bakery bermanfaat bagi konsumen mendapatkan indeks yang paling besar yakni 44,6. Hal ini menunjukkan sebagian besar responden menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa PT. Breadlife Bakery memiliki harga dengan produk yang disediakan PT. Breadlife Bakery bermanfaat bagi konsumen dari segi indikator nilai sosial yang dirasakan responden. Hal ini menunjukkan sebagian besar responden menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa PT. Breadlife Bakery memiliki harga dengan produk yang disediakan PT. Breadlife Bakery bermanfaat bagi konsumen dari segi indikator nilai sosial yang dirasakan responden. Hasil uji F memperlihatkan bahwa pengaruh secara bersamaan dari seluruh variabel independen (kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan) terhadap kepuasan konsumen pada PT. Breadlife Bakery menunjukkan hasil yang signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dari besarnya nilai F-hitung sebesar 12,314 dengan tingkat signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05).


Keywords


Kualitas produk; harga; kualitas pelayanan

References


Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM. YKPN

Adkon, Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Basu Swastha dan Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta: Liberty Offset

Buchari Alma, 2007, Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta,. Bandung

Danang Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS

Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, K.2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 1 & 2, dialih bahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta

Tony Wijaya, 2011, Manajemen Kualitas Jasa, Cetakan ke-1, Kembangan-Jakarta. Barat: PT. Indeks




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.10289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com