Pengaruh fasilitas, harga, kualitas dan lokasi terhadap kepuasan orang tua murid

Muhammad Shaleh, Pamasang S. Siburian, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fasilitas, harga, kualitas dan lokasi terhadap kepuasan orang tua murid SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda dan mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan orang tua murid SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda. Persamaan regresi berganda dari keempat variabel bebas dan satu variabel tidak bebas adalah sebagai berikut : Y = 0,444 + 0,266 X1 + 0,292 X2 + 0,373 X3 + 0,170 X4. Dari persamaan tersebut variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan orang tua murid SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,845 berarti bahwa terdapat hubungan yang kuat dari variabel bebas terhadap kepuasan  orang tua  murid  SD  Al  Azhar  Syifa  Bu di Samarinda. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,699 (60,9%). Hal ini menunjukkan besarnya proporsi sumbangan variabel fasilitas, harga, kualitas dan lokasi terhadap kepuasan orang tua murid SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda. Hasil Uji F (serentak) menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 46,776 > 2,49. Hal ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas, harga, kualitas dan lokasi secara bersama - sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan orang tua murid SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda. Hasil uji  t  (parsial)  dapat  diketahui  bahwa  variabel  kualitas  berpengaruh dominan terhadap kepuasan orang tua murid SD Al Azhar Syifa Budi Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung variabel kualitas sebesar 4,333 lebih besar dari nilai thitung variabel lain. Hal ini juga didukung dengan nilai standardized beta variabel kualitas sebesar 0.373 yang memiliki nilai lebih besar daripada variabel lain.


Keywords


Fasilitas; harga; kualitas; lokasi; kepuasan orang tua

References


Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi

Revisi. Cetakan ketujuh. CV Alfabet. Bandung

Daryanto, H.M (2006). Administrasi Pendidikan, PT Rineka Cipta, Jakarta. Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta,

Jakarta.

Heri, Alamsyah. 2007. “Analisis Pengaruh Citra Perguruan Tinggi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pendidikan (Studi Kasus pada Akademi Komunikasi Indonesia, Yogyakarta)”. Skripsi Tidak Dipublikasi.UNIVERSITAS DIPONEGORO. Semarang.

Irawan D,. Handi. 2002. Sepuluh Prinsip Keputusan Pelanggan. Cetakan

Pertama. Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13

Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Mukminin. (2009). Pemanfaatan Teknologi Media Dalam Pembelajaran.

Nopember 2009. dari http : // singgiheducation. blogpot.com / 2009 / 11 / pemanfaatan teknologi media dalam pembelajran. Html.

Pemerintah Republik Indonesia.2003.Undang-Undang Republik Indonesia

No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sisdiknas. Pdf

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian, CV Alfabeta, Bandung.`

Suharno dan Yudi Sutarso. 2009. Marketing in practice. CV. Sary Cards, Samarinda.

Sujoko Efferin, dkk, 2004, Metode Penelitian Untuk Akuntansi, Edisi Pertama, Cetakan pertama, Penerbit Bayumedia Publishing, Malang.

Tjiptono, Fandy, 2004,”Strategi Pemasaran”,edisi kedua Andy Offset,

Yogyakarta.

------------, Fandy, 2006,”Manajemen Jasa”, Andy Offset, Yogyakarta.

Undang-Undang No 20. Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta : Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.1025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com