Pengaruh self efficacy dan dukungan atasan terhadap kinerja karyawan

Tri Miranti, Yonathan Pongtuluran, Ariesta Heksarini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan supervisor terhadap kinerja karyawan. Data dikumpulkan dengan wawancara dan juga menggunakan data dari kuesioner yang diisi oleh responden. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Samarinda sebanyak 85 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang dengan teknik sensus sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hipotesis yang diajukan diperoleh hasil uji X1 = 0,526; X2 = 0,555. Hipotesis pertama adalah dampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Self Efficacy dan hipotesis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dukungan Supervisor Kinerja Pegawai.

Keywords


Self efficacy; supervisor support; employee performance

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Bandura, Albert. 2006. Guide For Constructing Self Efficacy Scales. Information Age Publishing.

_____________2006. Cultivate self-efficacy for personal and organizational effectiveness : Handbook of Organization Behavior. Oxford. UK. Blackwell. http://des.emory.edu/mfp/BanEncy.html.

Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih Bahasa.Benyamin Molan, Indeks, Jakarta.

Gusniati. 2014. Pengaruh Pemberdayaan Psikologis dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizen Behavior Pada PT Karya Bajatama Raya: Dukungan Atasan Sebagai Variabel Moderator. Universitas Bina Nusantara.

Handoko, T.Hani. 2000 Manajeme, Edisi 2. BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. S.P. 2003. Manajemen Dasar, Pengertian Masalah, Gunung Agung, Jakarta.

Ikshan, Arfan dan Ishak, Muhamad. 2005. Akutansi Keprilakuan, Salemba Empat, Jakarta

Mangkunegara, A.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Maryati, Ika. 2008. Hubungan Antara Kecerdasaan Emosi dan Keyakinan Diri (Self-Efficacy) Dengan Kreatifitas Pada Siswa Akselarasi, Univeristas Muhamadiyah Surakarta.

Mashudi, Imam. 2013. Pengaruh Self Effiacacy dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan, Universitas Jember.

Robert L, Mathis dan Jhon H, Jackson. 2006. Human Resource Management, alih bahasa Diana Angelica, Salemba Empat, Jakarta.

Nasution, Mulia. 1994. Manajemen Personalia, Djambatan, Jakarta

Nurchasanah, 2008. Analisis Pengaruh Empowerment, Self Efficacy dan Budaya

organisasi Terhadap Kepuasan kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Empiris Pada Karyawan PT.Mayora Tbk Regional Jateng dan DIY).

Santoso, 2007. Pengaruh Pemberdayaan Kerja, Dukungan Atasan,Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kelautan Dan Perikanan Propinsi Jawa Tengah. Tesis, Universitas Semarang.

Siti Chotimah, 2012. Pengaruh dukungan atasan, motivasi, dan komunikasi terhadap kinerja karyawan, Universitas Semarang.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Widianto, Sunu. 2009. Knowledge Sharing danSelf Efficacy dalam Perilaku Pemimpin Memberdayakan (Empowering Leader behavior) Pada Kinerja Individual. Simposium Nasional Sistem Teknologi Informasi (SNSTI), Universitas Gajah Mada.

Handayani, Wiwik. 2008. Dampak Komitmen Organisasi, Self efficacy, Terhadap Konflik Peran, Dan Kinerja Karyawati. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20, Interpena, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com