Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasaan konsumen

Intan Ratna Sari, Tetra Hidayati, Asnawati Asnawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu berasal dari semua konsumen yang pernah berkunjung pada Rumah Makan Tepian Pandan. Metode yang digunakan adalah probability sampling dan non-probability sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel (3,614 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan output dimana nilai thitung > ttabel (2,171 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,034 <  0,05. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini dibuktikan dengan output dimana nilai Fhitung sebesar 11,427 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai Fhitung yang dihasilkan lebih besar dari pada Ftabel (3,16) dan nilai signifikansi yang dihasilkan tersebut lebih kecil dari 0,05.


References


Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung.

. 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2001. Manajemen Pemasaran. Cetakan kelima. Rajawali Pers. Jakarta.

. 1999. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Cetakan keenam. Rajawali Pers. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta.

. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andi. Yogyakarta.

. 2005. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Yogyakarta

. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. PT prenhallindo. Jakarta.

, dan A.B Susanto.2005 . Manajemen Pemasaran . Edisi Kesebelas. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

, dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Penerbit PT Indeks : Jakarta.

. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milleniun Indonesia. Jilid 2. PT. Prenhallindo, Jakarta.

. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas Jilid Kedua. Erlangga. Jakarta.

, and Kevin L. K. 2013. Marketing Management. Fourteenth edition. England: Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat.

Pride and Ferrel. 1999. Pemasaran Teori dan Praktek Sehari-hari. Terjemah Daniel Wijaya. Edisi Ketujuh, Jilid Satu, Binarupa Aksara, Jakarta.

Plewa, C. Dan Quester, Q. 2006. Satisfaction With University Industry Relationship: The Impact of Commitment, Trust and Champinship. International journal of Technology Transfer and Commercialitation. Vol. 5.

Rangkuti, Freddy. 2001. Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung.

Swastha DH, Basu dan Irawan, 2000, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Liberty, Yogyakarta.

Veloutsou, 2005. Determinants of Customer Satisfaction in Fast Food Industry. Journal of Management Strategy, Vol. No.3

Walker, 2001. Managing Customer Dissatisfaction Through Effective Complaint Managemen System. Journal of Management Strategy, Hal 331-335.

Walton, 2004. The Brave New World of Neuromarketing is Here. B&I (Australia), 19 November.

Zeithaml Et. Al., (2003).Service Marketing: Integrating Customer Focus Aross The Firm, 3rded. Boston:Mcgraw-Hill/IrwinKotler, Philip dan Keller K.L.2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta :Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com