Ekuitas merek terhadap keputusan pembelian

Ismail Ismail, Suharno Suharno, Saida Zainurossalamia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari: Kesadaran Merek, Persepsi kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas merek terhadap Keputusan Pembelian di Siliwangi Coffee Samarinda. Pene;itian dilakukan menggunakan metode analisis regresi linieer berganda terhadap 60 orang yang merupakan pengunjung dari Siliwangi Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ekuitas merek yang terdiri dari: Kesadaran Merek, Persepsi kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terrhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial Kesadaran Merek berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga diharapkan siliwangi coffee memperbaiki kesadaran merek pelanggan atas siliwangi coffe agar kedepannya dapat berkontribusi secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.


Keywords


Kesadaran merek; persepsi kualitas; asosiasi merek; loyalitas merek

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Buchory, Herry Achmad dan Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran.

Bandung: Linda Karya.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Hasan, Ali. 2013. Marketing. Yogyakarta: Media Pressdindo. Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald. 2010. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pusaka Utama Grafiti.

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2014. Marketing: An Introduction. England: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kurniawan, Yuyuf dan J. Sugiarto. 2010. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Minuman Isotonik Fatigon Hydro di Purwokerto). Thesis. Universitas Diponegoro.

Nursanti, Ony Novita. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet 3 (Tri). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pane, Oon dan Endang Sulistya Rini. 2011. Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek Kingston Terhadap Keputusan Pembelian Pad Mahasiswa AMIK MBP Medan. Jurnal Ekonomi, Vol. 14 (3) pp.115-126.

Peter, Paul dan Jerry C. Olson. 2009. Consumer Behavior & Marketing Strategy.

New York: McGraw Hill.

Siali, Fadilah, Pang Jiayi dan Mahani Mohammad A. S. 2016. Relationship Between Brand Equity And Consumer Purchase Decision: A Case Of An International Brand Of Footwear. International Journal of Service Management and Sustainability (IJSMS), Vol. 1 (1) pp.58-74.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RDA. Bandung: Alpha Betha.

Tambunan, Krystia dan Ibnu Widiyanto. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi kasus pada konsumen di Bandeng Presto Semarang). Thesis. Universitas Diponegoro.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: ANDI.

Widhiarta, Teguh Esa IGN. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4 (4) pp.832-848.

Winardi. 2010. Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: Mandar Maju. Winatapradja, N. 2013. Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Donat J.co Donuts & Coffee Di Manado Town Square.

Jurnal EMBA, Vol. 1 (3) pp.958-968.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i3.10019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com