Analisis kinerja supply chain management berbasis balanced scorecard

Riska Fitriani, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada toko buku Gramedia (studi pada konsumen toko buku Gramedia di Mall Lembuswana Samarinda). Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen toko buku Gramedia di Mall Lembuswana Samarinda dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga (X1), promosi (X2), dan citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada Toko Buku Gramedia baik secara parsial maupun simultan.


Keywords


Harga; promosi; citra merek; keputusan pembelian

References


Afif, A. M., Kurniawan, D., & Saleh, A. (2015). Rantai Pasok Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Bengkel Otomotif X *. Jurusan Teknik Industri Itenas, 03(02), 104–114.

Agami, N., Saleh, M., & Rasmy, M. (2012). Supply Chain Performance Measurement Approaches. IBIMA Publishing, 2012, 1–20. https://doi.org/10.5171/2012.872753

Agustian, I. (2015). RANCANGAN PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK BARANG PASSTHROUGH DI PT. INDONESIA NIPPON SEIKI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. Jurnal MIX, 6(2), 219–233.

Cakasana, R., & Sunardi. (2020). Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Berbasis Lean dan Green dengan Perspektif Balance Scorecard di PT. XYZ. Manajemen Industri Dan Teknologi, 01(01), 87–95.

Devani, V., & Setiawarnan, A. (2015). Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(1), 83–90. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i3.4974

Hartati, M., & Efendi, D. (2017). Analisis Pengukuran Kinerja Aliran Supply Chain di PT. Asia Forestama Raya dengan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 3(2), 94. https://doi.org/10.24014/jti.v3i2.5574

Hayati, E. N. (2014). Supply Chain Management (SCM) Dan Logistic Management. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 8(1), 25–34.

Isma Diana, D., Tawaf, R., & Paturochman, M. (2016). Analisis Rantai Pasok Sosis Food Industries Dari Produsen Sampai Konsumen Di Kota Bandung (Studi Kasus PT. Kemfood Cabang Kota Bandung).

Khadijah, D. S., Sari, Y. R., & Aini, Q. (2020). Analisis Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Pt. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart). Sistemasi, 9(2), 235. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.711

Pujawan, I. N., & Mahendrawati. (2017). Supply Chain Management (3rd ed.; Maya, ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sudaryono. (2017). METODOLOGI PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Mrthod (2nd ed.). Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Tanaka, D., & Nurcaya, I. N. (2018). Analisis Kinerja Supply Chain Management Berbasis Balanced Scorecard Pada Pt. Alove Bali Ind. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(7), 3709. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i07.p10

Widianto, A. (2012). Peran Supply Chain Management Dalam Sistem. Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 91–98.

Widyarto, A. (2012). Peran Supply Chain Management Dalam Sistem Produksi dan Operasi Perusahaan. Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 91–98.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.10008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com