Pengaruh kompensasi finansial dan disiplin preventif terhadap kinerja karyawan

Beryl Chalif Arrahman, Syaharuddin Y Syaharuddin Y

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya organisasi (X1) dan disiplin preventif (X2) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) pada CV Fajar di Kabupaten Paser. Sampel penelitian ini adalah 42 karyawan. Jenis datanya adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji t statistik menunjukkan bahwa variabel kompensasi finansial (X1) dan disiplin preventif (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), hasil uji F menyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil koefisien determinasi memiliki nilai 0,863, hal ini menujukan bahwa 86,3% variasi dari kompensasi finansial (X1), disiplin preventif (X2) dan kinerja karyawan (Y), sedangkan 13.7% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam variabel yang diteliti. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti telah mengadakan penelitian ilmiah yaitu pengaruh kompensasi finansial dan disiplin preventif terhadap kinerja karyawan CV Fajar di Kabupaten Paser dengan hasil semua variabel yaitu positif dan signifikan.


Keywords


Kompensasi finansial; disiplin preventif; kinerja karyawan

References


Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing

Aulia. Alif Furqoni dan Eka Afnan Troena. 2013. Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Universitas Brawijaya Hotel Kota Malang

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Akarta: Aksara Pratama

Kempa sesilia , Purnama Catherine. (2016). “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Cahaya Citrasurya Indoprima”, Jurnal AgoraVol 4 No. 2.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu, Drs., M,Si.. Psi. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfbeta.

Puspitasari, Ayu. Wawan Prahiawan. (2018). Pengaruh Disiplin Preventif dan Motivasi Ektrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervaining Pada PT. Natura Indoland. Jurnal Tirtayasa Ekonomika, (13) 2, 339-356

Simamora. Henry. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta.: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Veithzal Rivai Zainal. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahan. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Wairooy Ali. (2017). “Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pertamina (Persero), Tbk. Pemasaran Region VII Makassar”, Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran Vol 4, No.1.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi, Cetakan Pertama. Interpena




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v6i4.10001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License