Pengaruh beberapa variabel terhadap kepuasan pengguna

Eries Sulis Tiowati, Theresia Militina, Yana Ulfah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kinerja produk, keterandalan produk, fitur produk, daya tahan, kesesuaian produk, kemudahan perbaikan, keindahan tampilan produk, kualitas produk terhadap kepuasan pengguna mobil Mitsubishi Xpander di Samarinda. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan alat hipotesis yang digunakan uji F dan Uji t. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1225 sedangkan sampel berjumlah 92 orang merupakan pengguna mobil Mitsubishi Xpander di Samarinda. Hasil penelitian yang dilakukan Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa kinerja, keterandalan, fitur, daya tahan dan kualitas produk yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna mobil Mitsubishi Expander di Samarinda. Sedangkan kesesuaian, keindahan tampilan produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna mobil Mitsubishi Expander di Samarinda. Sedangkan kemudahan perbaikan  tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, karena banyaknya tempat perbaikan belum tentu menjanjikan kualitas perbaikannya. 


Keywords


Kualitas produk; kepuasan pengguna

References


Adi Supriyatno Dan Vivi Maria. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Dan Tingkat Kepentinggan Penerapan Sistem Informasi DJP Online Degan Kerangka PIECES. Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Karawang.

Andi Vita Sukmarini, Hafied Cangara, Muh Yunus Amar. 2013. Strategi Promosi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Mobil Merek Toyota PT. H. KALLA Dalam Persaingan Otomotif Di Makasar. Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Politik Universitas Fajar Makasar,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin.

Any Urwatul Wusko. 2014. Penggaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan. Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Niaga.

Christy Angelina Warokka, Joyce Lapian, Rotinsulu Jopie Jorie. 2015. Pengaruh Eksperiental Marketing dan Kepuasan Terhadap Loyalitas konsumen Penggguna Mobil SUZUKI ERTIGA Pada PT. SINAR GALESONG PRIMA Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado

Fanny Fibriyanti Dan Diah Darmayanti. 2014. Penggaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota Surabaya. Universitas Kristen Petra Surabaya.

G. Kismono, 2011. Bisnis Pengantar, Edisi Kedua. Diterbitkan oleh BPFE. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Henry Simamora, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Satu. Yogyakarta : STIE YKPN Yogyakarta

J. Paul Peter & Jerry C. Olson 1996. Consumer Behavior Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 4 Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip, 2009. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi kedua belas, terjemahan Arcella Ariwati Hermawan), Jakarta: Salemba Empat.

Kolter, P. Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Sabran Bab, Penerjemah Erlangga, Jakarta.

Priscilia D. Rondonuwu. 2013. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nisan March Pada PT. Wahana wirawan Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategy Pemasaran, Penerbit: Andi offset, Edisi Kedua,

Cetakan Pertama, Yogyakarta.

Tjiptono, F & Chandra, G. (2011). Sevice, Quality & Satisfaction. Andi. Yogyakarta

Simamora, Hendry. 2004. Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid 2 Salemba Empat, Jakarta

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Slamet Heri Winamo. 2010. Analisis Kepuasan Pelanggan Pengguna Produk Otomotif Toyota. Akademi Sekretari Dan Manajemen Bina Sarana Informatika Jakarta.

Sri Kussujaniatun, Wisnalmawati. 2008. Pengaruh Pengetahuan Produk, Nilai Dan Kualitas Yang Dipersepsikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mobil Toyota. Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ke 16, Penerbit Alfabeta Bandung

Suryati, Tatik. 2008. Prilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Edisi Pertama –Yogyakarta; Graha Ilmu.

Valdy Ronald Wowor. 2013. Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v7i2.8965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com